BNK Razia Narkotika Pelajar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

BNK Razia Narkotika Pelajar

Disinyalir Pencitraan Jelang Pilkada
Jombang(satujurnal.com)
Badan Narkotika Kabupaten (BNK) giat melakukan razia narkotika dikalangan pelajar. Kali ini dipimpin langsung Ketua BNK, Widjono Soeparno, razia dilakukan di SMAN 2 Jombang yang merupakan salah satu sekolah favorit di Kota santri.

Semakin insentifnya aksi razia narkoba dikalangan pelajar SMA mendapat tanggapan beragam beberapa kalangan. Pasalnya, tidak seperti biasa Wabup yang juga mencalonkan diri menjadi calon bupatii pada pilkada 5 Juni mendatang dalam dua bulan ini turun secara langsung. Apalagi dalam setiap razia, Wabup Widjono, sering memperkenalkan diri sebagai Wakil Bupati Jombang dan ketua BNK dan akan mencalon diri sebagai calon Bupati.

” Dan pada tahun ini, saya akan mencalonkan sebagai bupati pada pilkada 5 Juni mendatang,”ujar Widjono dihadapan pelajar. Direktur Link Jombang, Aan Anshori mengatakan, menghadapi pilkada para calon sangat bernafsu menggunakan setiap kesempatan “ melakukan pencitraan” untuk meningkatkan elektabilitas. “ Bahkan informasi yang kita dapat, Upacara bendera disekolah digunakan ajang sebagai media kampanye, itu kan tidak etis,’ujarnya.

Meski mendukung upaya kampanye dan razia narkotika, Aan Anshori berharap, razia narkoba tidak hanya digunakan untuk melakukan pencitraan oleh salah satu pasangan calon. Karena menurutnya, razia merupakan tugas aparat penegak hukum.” Itu tugas penegak hukum. Jangan sampai hanya digunakan untuk pencitraan menjelang pelaksanaan pilkada, ’tandasnya meyayangkan.

Hal berbeda dikatakan, anggota Dewan Pendidikan Minan Rahman, yang mendukung upaya pihak pihak terkait termasuk BNK untuk melakukan razia narkotika, terlebih pada kalangan pelajar. Namun dikatakannya, selama ini BNK Jombang belum terdengar menangkab Bandar narkotikabagi kalangan remaja dan pelajar. “Kemampuan belum terdeteksi, BNK perlu mendatangkan BNN untuk memberikan training soal ini,”ujarnya mengatakan.

Dewan Pendidikan, lanjut Minan, mengusulkan, perlunya langkah strategis kampanye bahaya narkotika pada kalangan pelajar dengan memasukkan pada kurikulum “Agar tidak bersifat isidental, relawan BNKK harus diperbanyak dari kalangan pelajar dan guru,”tandasnya.

Sementara itu, dalam razia, di SMAN 2 yang merupakan sekolah favorit di kabupaten Jombang. Seperti razia – razia sebelumnya yang juga dilakukan di beberapa sekolah, beberapa petugas langsung memeriksa satu persatu tas pelajar yang ada dikelas di kelas XII IPA. Namun petugas tidak menemukan sesuatu yang dinilai mencurigakan dibawa pelajar.” Alhamdulillah Dan petugas tidak menemukan, 'ujar salah satu petugas.Wabup Widjono mengatakan razia ini dilakukan karena semakin maraknya pelajar menggunakan narkotika.

Apalagi menjelang menghadapi Ujian nasional, pihaknya tidak ingin ada pelajar terganggu narkoba." Ini kita ambil sampel saja, karena kelasnnya sangat banyak. Jangan sampai menghadapi ujian nasional pelajar terganggu dengan narkoba,"ujarnya kepada sejumlah wartawan. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional