Disapu Puting Beliung, Pengrajin Genteng Rugi Puluhan Juta - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Disapu Puting Beliung, Pengrajin Genteng Rugi Puluhan Juta

Jombang-(satujurnal.com) - 
Belasan rumah produksi genteng milik warga Desa Gedangan Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, rusak parah akibat di sapu  angin puting beliung, Senin (15/4/2013) sore. Beberapa bangunan semi permanen tersebut  rata dengan tanah.


Kerusakan paling parah dialami oleh Zainul Arif (31), pengrajin genteng asal Desa setempat. 2 bangunan miliknya yang menjadi tempat mencari nafkah dengan cara membuat genteng luluh lantak dan rata dengan tanah.

Kerugian yang diderita mencapai Rp. 25 juta. "Nilai kerugian kira-kira dua puluh lima juta, termasuk genteng hasil produksi yang rusak tertimpa bangunan," ujarnya.

Kerusakan rumah produksi genteng juga dialami oleh Solikin (47). Pengrajin genteng asal Dusun Mojogeneng, Desa Gedangan ini memperkirakan kerugian yang dideritanya mencapai Rp. 6 juta. "Nilainya sekitar lima juta. Jika dihitung dengan hasil produksi yang rusak, kira-kira ya enam jutaan," katanya.

Dari pantauan di lapangan, belasan rumah produksi genteng di Dusun Gedangan dan Dusun Mojogeneng, Desa Gedangan mengalami kerusakan parah akibat sapuan angin puting beliung.
Selain rumah produksi genteng, rumah  warga juga rusak. Namun diantara ratusan rumah tinggal warga rusak, hanya Satu rumah mengalami rusak parah.

Mengenai kerugian akibat rusaknya tempat usaha yang dialami warganya,kepala desa  Samsul Huda akan berusaha berkomunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang..

Berdasarkan pendataan pemerintahan desa, rumah produksi genteng yang rusak parah sebanyaj 15 tempat. Kerugian yang diderita para pengrajin bervariasi antara Rp. 3 juta hingga Rp. 25 juta. "Tempat saya yang rusak hanya bagian belakang, kira-kira kerugian tiga juta," ungkap Basori, salah seorang pengrajin genteng.

Sementara itu, Kepala Desa Menganto, Kasorin memastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa angin puting beliung.

Angin puting beliung menyapu sejumlah Desa di Kecamatan Diwek dan Mojowarno, Jombang, Senin (15/4/2013) sore. Akibat peristiwa itu, jaringan listrik di wilayah tersebut sempat terputus akibat robohnya tiga tiang listrik di Jalan Raya desa menganto.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional