DPT Susut 65 Ribu - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

DPT Susut 65 Ribu

Jombang-(satujurnal.com)
KPU akhirnya menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilbup 5 Juni nanti. Total jumlah pemilih yang masuk DPT mencapai 998.463 orang. ’’Itu terdiri dari 496.949 laki-laki dan 501.514 perempuan,’’ kata Machwal Huda, ketua KPU,.Penetapan DPT itu sendiri dilakukan pada Minggu (21/4) malam. ’’Semua wakil pasangan calon dan Panwas ikut hadir saat penetapan DPT kemarin,’’ terangnya.

Meski demikian, jumlah pemilih riil masih bisa bertambah. Pasalnya, ada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan seseorang memilih dengan menggunakan KTP dan KK meski tidak masuk DPT. ’’DPT ini adalah pedoman kita untuk memesan logistik. Soal keputusan MK itu pun ada ketentuannya, bahwa yang bisa memilih dengan KTP dan KK adalah yang KTP dan KK-nya minimal dibuat enam bulan sebelum DPS (daftar pemilih sementara) diumumkan,’’ paparnya.

Mengacu angka itu, berarti ada 65 ribu pemilih abal-abal yang dihapus. Atau tepatnya 65.564 pemilih. Sebab sebelumnya, pemerintah menyerahkan DP4 alias data potensial pemilih pemilu sebanyak 1.064.027. ’’Dari DP4 mengalami penyusutan karena ada yang sudah meninggal, ganda, pindah dan belum cukup umur,’’ paparnya. Pembaharuan itu diperoleh setelah dilakukan pencocokan dan penilitian yang dilakukan secara bertahap.

Dibanding rata-rata pertumbuhan penduduk nasional yang mencapai 1,5 persen per tahun, jumlah DPT tahun ini juga mengejutkan. Pasalnya, hanya meningkat 3,8 persen dari jumlah DPT Pilkada 2008 lalu. Saat itu, jumlah DPT mencapai 961.965 orang. Namun sekarang, hanya bertambah 36.498 orang sehingga menjadi 996.463 orang. Padahal angka pertumbuhan penduduk di Jombang sangat tinggi. Pada 2007 sampai 2009, jumlah penduduk Jombang meningkat rata-rata 11,01 persen pertahun. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional