Pendaftaran DCS Hari Terakhir Diwarnai Insiden Penarikan Berkas - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pendaftaran DCS Hari Terakhir Diwarnai Insiden Penarikan Berkas


Penyerahan berkas DCS PKPI 
Mojokerto-(satujurnal.com)
Hari terakhir pendaftaran daftar calon sementara (DCS) peserta Pemilu 2014 di KPU Kota Mojokerto, Senin (22/04/2013) diwarnai insiden penarikan berkas oleh Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Meski akhirnya KPU kompromistis, namun insiden itu sempat membuat suasana KPU panas.  

“Lebih baik saya urung menyerahkan DCS kalau baru sekarang diberitahu soal LO dan SK DPC. Karena sejauh ini tidak ada surat resmi dari KPU soal LO maupun SK DPC itu. Yang ada hanya pemberitahuan via telpon oleh staf KPU tentang surat mandat, tapi tidak ada penjelasan,” cetus Denny, fungsionaris PKPI Kota Mojokerto.

Saat memeriksa berkas yang diserahkan ke anggota KPU oleh Denny, diketahui jika berkas yang berisi 11 DCS itu tanpa disertai surat mandat Lesson official (LO) atau penghubung dan fotokopi SK DPC PKPI Kota Mojokerto yang dilegalisir pengurus setingkat diatasnya. Anggota KPU pun enggan menerima berkas partai tersebut. Denny bersama dua orang sejawatnya langsung beringsut dari kursi penerimaan berkas DCS.

“KPU harusnya tidak cukup memberitahu partai lewat telpon. Apalagi hanya stafnya,” katanya berang.  

Yang disayangkan, kata Denny, sejauh ini KPU Kota Mojokerto tidak pernah memberikan sosialisasi soal pemberkasan. “Tidak ada sosialisasi soal itu,” lontarnya.

Selang satu jam, Denny kembali menyerahkan berkas dengan LO. “Kami jadi kerja dua kali,” katanya saat menyerahkan DSC partai pimpinan Sutiyoso tersebut.

Anggota KPU Kota Mojokerto, Dewa Gde Paramartha menampik tegas tudingan Denny yang menyebut pihaknya tidak pernah melakukan sosialisasi soal pemberkasan DCS. “Sosialisasi sudah kami lakukan. Bisa di crosscheck dengan partai lain,” katanya.

Mantan Ketua Panwas Kota Mojokerto itu pun menolak tegas jika disebut pihaknya menolak pemberkasan DCS PKPI. “Kami tidak menolak, namun hanya meminta segera melengkapi LO maupun SK DPC yang dilegalisir.,” katanya seraya menyebut Pasal 14 dan Pasal 18 Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2013 sebagai dasar penerimaan berkas DCS.

Sementara itu, Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi pendaftar terakhir DCS. Partai metamorfosa Partai Masyumi ini hanya menyerahkan 3 DCS dan tercatat sebagai partai yang paling sedikit menjagokan kadernya di ajang Pemilu 2014 nanti.. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional