Bakal Cawali-Cawawali Mojokerto Jalani Test Kesehatan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Bakal Cawali-Cawawali Mojokerto Jalani Test Kesehatan

Surabaya-(satujurnal.com)
Enam pasangan calon  walikota  dan wakil walikota Mojokerto 2013-2018 menjalani serangkaian tes kesehatan  di ruang general check up , Lantai 1 ruang 135 Graha Amertha , RSUD Dr Soetomo Surabaya, Selasa (21/05/2013)

Ke enam  kandidat adalah pasangan Drajat Stariaji - Yanto (DY) , Mas'ud Yunus - Suyitno (MY) ,  Ayub Busono Listyawan - Mulyadi (ABDI), Achmad Rusyad Manfaluti - Risdy Hartoko (ARDY),  pasangan  Hendro Suwono - Warsito (NOTO) dan   Iwan Sulistyo - Edy Hartono (IEd)

Para kandidat sudah mulai berdatangan sejak pukul 7.00  WIB. untuk menjalani serangkaian tes kesehatan.

Para cawali  dan cawawali  itu mengaku siap menjalani tes kesehatan. Sebelum masuk ke ruang pemeriksaan, para kandidat mengisi formulir medical check up dari rumah sakit. Para kandidat juga tampak saling menyapa kemudian berbincang-bincang.

"Sehat, tensi 120/80, ," kata Drajat Stariaji sebelum masuk ruang pemeriksaan. Jago PDI-P, Mas'ud Yunus menyatakan hal senada. "Insya Allah sehat," ucapnya.

Satu-persatu calon diambil sample darah serta menjalani pemeriksaan jantung dan paru-paru sebelum kemudian menjalani test kejiwaan.

Ketua tim dokter, Dr Hartono mengatakan  Graha Amertha telah menyiapkan 22  dokter spesialis. Dokter spesialis yang disiapkan antara lain spesialis penyakit dalam, spesialis jantung,  spesialis paru-paru, radiologi, patologi klinik,spesialis mata,  dan sejumlah dokter spesialis lain.

Ia mengatakan, pemeriksaan hari pertama akan meliputi pemeriksaan laboratorium, jantung, paru-paru, dan pemeriksaan jiwa.

"Pemeriksaan kejiwaan yang memakan waktu relatif lama," katanya. Untuk pemeriksaan hari kedua pada Rabu  (22/05/2013), Hartono mengatakan akan dilakukan pemeriksaan fisik,  audiometri atau telinga dan mata. "Semua tim ini dari RSUD  Dr Soetomo Surabaya ," imbuhnya.

Menurut Hartono. pemeriksaan akan dilakukan berdasarkan standar KPU dalam memeriksa cawali  atau cawawali.  Pihak RS hanya bertugas memeriksa dan memberikan rekomendasi pada KPUD Kota Mojokerto.

Pihaknya hanya bertugas memeriksa dan memberikan rekomendasi kepada KPU Kota Mojokerto dan hasil tes sepenuhnya diserahkan kepada KPU Kota Mojokerto.
Ketua KPU Kota Mojokerto, M Fathoni mengatakan, rangkain test kesehatan harus dijalani para kandidat.

"Tes kesehatan ini dilakukan selama dua hari dan dilakukan oleh tim dokter. Untuk tes besok akan dilakukan tes fisik ," ujar Fathoni  saat mengantar ke enam  pasangan calon, Selasa (21/05/2013).

Tes kesehatan ujarnya  merupakan rangkaian tahapan Pilwali untuk menentukan pasangan bakal calon yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak untuk menjadi calon walikota - wakil walikota.(one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional