KPU Tolak Umbar Hasil Tes Kesehatan Paslon - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

KPU Tolak Umbar Hasil Tes Kesehatan Paslon

Cawali Mas'ud Yunus saat menjalani salah satu items test kesehatan
Mojokerto-(satujurnal.com)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojoketto menolak untuk mengumbar hasil tes kesehatan dan riwayat kesehatan masing-masing pasangan calon (paslon) walikota - wakil walikota. Yang akan dipaparkan, hanya hasil pemeriksaan tim dokter soal mampu tidaknya secara rohani dan jasmani kandidat melaksanakan tugas sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah.

“Kami akan menerima salinan rekomendasi hasil pemeriksaan kesehatan yang ditandatangani ketua tim pemeriksaan kesehatan. Dalam berkas hanya tertera rekomendasi mampu atau tidak mampu. Untuk riwayat penyakit masing-masing tidak muncul,,” Ketua KPU Kota Mojokerto, Fathoni," , Minggu (26/05/2013).

Acuannya, imbuh Fathoni, termaktub dalam Pasal 9, ayat 1 butir e Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2010 Tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah. “Disyaratkan, kandidat sehat jasmani dan rohani berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim pemeriksa kesehatan,” katanya.

Menurut Fathoni, pihaknya juga tidak berkewenangan mencampuri poin-poin yang menjadi acuan tim dokter dalam menetapkan mampu atau tidak mampu. “Form model BB5 KWK KPU yang menjadi dasar kami untuk pleno hasil tes kesehatan kandidat,” tukasnya.

Dalam form BB5 termaktub, pernyataan hasil/pengujian terhadap kemampuan rohani dan kesehatan jasmani calon kepala daerah/wakil kepala daerah atas nama masing-masing kandidat.

Sementara, enam pasangan calon walikota dan wakil walikota Mojokerto 2013-2018,
menuntaskan seluruh test kesehatan di hari kedua, di ruang general check up , Lantai 1 ruang 135 Graha Amertha , RSUD Dr Sutomon Surabaya, Rabu (22/05/2013)

Keenam kandidat adalah pasangan Drajat Stariaji - Yanto (DY) , Mas'ud Yunus - Suyitno (MY) , Ayub Busono Listyawan - Mulyadi (ABDI), Achmad Rusyad Manfaluti - Risdy Hartoko (MANFAATI), pasangan Hendro Suwono - Warsito (NOTO) dan Iwan Sulistyo - Edy Hartono (IEd).

Semua kandidat menyatakan optimis lolos pada fase ini. "Yakin, Insya Allah lolos," ujar cawali PDI-P, Mas'ud Yunus.

Sementara itu, komisioner KPU Kota Mojokerto, Mahardika Swastika mengatakan, hasil final test kesehatan para kandidat akan diumumkan awal pekan depan. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional