MTsN Tambakberas Kembangkan Jamur Tiram - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

MTsN Tambakberas Kembangkan Jamur Tiram

-  Didik Siswa Berjiwa Wirausaha

Jombang-(satujurnal.com)
Budi daya jamur tiram untuk mengembangkan jiwa wirausaha dikembangkan pengelola Madrasah Tsanawiyah Negeri, (MTsN) Tambakberas Jombang. Selain menumbuhkan bakat wirausaha, juga untuk melatih siswa memanfaatkan limbah.

Seluruh siswa sekolah berbasis agama Islam ini dilibatkan dalam pembuatan bibit dan perawatan jamur yang bernilai ekonomis tersebut.

Kendati baru empat bulan berdiri, namun antusias pelajar untuk menekuni budidaya itu cukup tinggi.

Sebuah ruangan berdinding anyaman bambu dan beratap jerami di areal kebun sekolah disiapkan untuk budi daya jamur tiram tersebut.

Kepala MTSn Tambakberas, mempaparkan, media yang digunakan untuk budidaya yakni serbuk gergaji dan bekatul yang dicampur dan ditambah air secukupnya. Selanjutnya dimasukkan adonan kedalam plasti, kemudian digodok menggunakan tungku dari drum sekitar 4 jam agar steril.

Plastik-plastik yang sudah steril itu selanjutnya diberi bibit produksi dan disimpan dalam ruangan yang lembab, sekitar tiga minggu akan muncul tunas-tunas jamur, dan tepat umur satu bulan jamur tiram warna putih itu siap untuk dipanen. Setiap plastik bisa menghasilkan jamur seberat satu ons.

“Selain memanfaatkan limbah, budidaya jamur juga bisa untuk wirausaha,lumayan bisa meningkat kan perekonomian,harga per kilogramnya mencapai Rp 10 ribu rupiah,” kata Anshori.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional