Tradisi Sedekah Desa Diwarnai Kericuhan. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tradisi Sedekah Desa Diwarnai Kericuhan.


Jombang-(satujurnal.com)
Tradisi sedekah bumi di Desa Sentul di Jombang untuk mengucapkan syukur atas berkah dari Sang Maha Kuasa, namun tradisi ini sempat diwarnai kericuhan karena ratusan warga tidak sabar berebut ingin mendapatkan hasil bumi dalam gunungan,tradisi ini diadakan setiap tahun.

Prosesi diawali dengan pawai oleh ratusan warga Desa Sentul mengelilingi desa dengan berbagai pakaian adat dan tumpeng hasil panen,dari jagung hingga umbi umbian diarak keliling desa dan berakhir di Balai Desa Sentul. Namun meski tumpengan hasil panen warga belum sampai lokasi ratusan warga langsung merangsek menuju gunungan tumpeng. Akibatnya keributan tidak terhindarkan. Warga desa mempercayai kalau rebutan itu adalah berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa agar panennya bisa lebih baik.

Tradisi yang dihadiri Wakil Bupati Widjono suparno mendapat sambutan baik dari warga setempat,wakil bupati berharap tradisi ini harus dilestarikan.

Tradisi gunungan ini merupakan kegiatan rutin di desa ini sebagai bentuk syukur yang diwujudkan dalam bentuk sedekah desa, warga berkeyakinan akan mendapatkan berkah bila bisa merebut salah satu hasil bumi.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional