Ijasah 6 Paslon Walikota Dinyatakan Bersih - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ijasah 6 Paslon Walikota Dinyatakan Bersih

Mojokerto-(satujurnal.com)
Ijazah enam pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Mojokerto yang disodorkan ke KPU setempat dinyatakan tak bermasalah. Ini setelah didapat validasi dan konfirmasi tertulis asal sekolah paslon dalam tahapan penelitian kelengkapan paslon.

 “Untuk ijazah paslon, sudah dilakukan penelitian dan verifikasi.Hasilnya, tidak ada yang bermasalah,” ujar Divisi Sosialisasi KPU Kota Mojokerto, Miftahul Amanu, Kamis (27/06/2013).

Menurut Amanu, Rangkaian Pilwali saat ini memasuki tahapan ke tujuh. Pada tahapan yang dirancang mulai tanggal 24 Juni 2013 sampai dengan tanggal 7 Juli 2013, KPU melakukan penelitian ulang kelengkapan dan perbaikan persyaratan pasangan calon sekaligus pemberitahuan hasil penelitian.

 “Selain persyaratan ijazah, sejumlah persyaratan lainnya hingga kini belum tuntas. Beberapa paslon ternyata masih ada yang belum melengkapi persyaratan yang ditentukan,” ungkap Amanu tanpa membeber paslon yang belum melengkapi persyaratan.

 Sementara pengumuman paslon yang memenuhi persyaratan, menurut Amanu, dilakukan antara tanggal 8 Juli 2013 hingga 14 Juli 2013. “Jadi deadline kelengkapan persyaratan, 7 Juli 2013,” tandasnya.

 Jika hingga deadline, terdapat persyaratan paslon yang tidak memenuhi persyaratan, maka paslon yang bersangkutan akan ‘ditinggal’. “Karena semua persyaratan harus dipenuhi. Tidak boleh ada yang tertinggal,”
imbuhnya.

 Sedang penetapan paslon sekaligus pengundian nomor urut paslon dijadwalkan sehari kemudian. “Tanggal 15 Juli 2013 penetapan sekaligus pengundian nomor urut paslon,” pungkas Amanu.

Dari keenam kontestan Pilwali Mojokerto, empat paslon dari jalur partai politik dan dua paslon dari jalur independen. Keenam paslon yakni Achmad Rusyad Manfaluti dan Risdy Harintoko (MANFAATI), Ayub
Busono Listyawan dan Mulyadi (ABDI), Mas’ud Yunus dan Suyitno (MY), Hendro Suwono dan Warsito (NOTO), Drajat Stariaji dan Yanto (DY) serta Iwan Sulistoyo dan Edi Suhartono (IED).

Bursa Pilwali Mojokerto dimulai tanggal 13 Mei 2013 lalu, yakni saat digelar pengumuman pendaftaran paslon. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional