Pemangkasan Kuota Haji : Ratusan CJH Kabupaten Mojokerto Terancam Gagal Berangkat - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemangkasan Kuota Haji : Ratusan CJH Kabupaten Mojokerto Terancam Gagal Berangkat

Mojokerto-(satujurnal.com) 
Ratusan calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Mojokerto terancam gagal berangkat dalam musim haji tahun ini. Menyusul rencana pemangkasan kuota haji dunia oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebesar 20 persen yang diberlakukan bagi setiap negara.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto pun mulai merancang skema prioritas jika pemangkasan kuota itu benar-benar diterapkan.

“Kalau pemangkasan kuota sebesar 20 persen, maka sebanyak 340 CJH dari 1.640 CJH Kabupaten Mojokerto tahun ini dipastikan gagal berangkat,” kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto, Achmad Rodli, Kamis (13/06/2013).

Rodli menyatakan, untuk mengantisipasi kekecewaan jamaah haji yang kesemuanya sudah melunasi biaya haji, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada CJH saat dilakukan pengambilan foto untuk paspor. “Kalau terjadi pemangkasan, kami akan memprioritaskan bagi jamaah haji yang sudah usia lanjut,” tandasnya.

Sementara itu hingga kini proses persiapan jamaah haji di Kabupaten Mojokerto hampir selesai. Seluruh jamaah yang akan berangkat telah melengkapi semua dokumen termasuk foto untuk paspor. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional