Rencana Rekruitmen CPNS Kota Mojokerto Kandas, Anggaran Rp 320 Juta Muspro - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Rencana Rekruitmen CPNS Kota Mojokerto Kandas, Anggaran Rp 320 Juta Muspro


M . Ali Imron
Mojokerto-(satujurnal.com)
Anggaran kegiatan rekruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebesar Rp 320 juta yang disediakan APBD 2013 Kota Mojokerto yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) hampir dipastikan tak terserap.

Menyusul kabar Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi yang lebih memberi atensi untuk menuntaskan karyawan honorer kategori K2 menjadi CPNS pada Oktober 2013 mendatang.

“Sampai sekarang belum ada kepastian dari Kemenpan (Kementerian PAN dan RB) terkait rekruitmen CPNS jalur umum. Yang diprioritaskan yakni seleksi honorer K2 pada Oktober 2013 nanti.” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto M Ali imron, Kamis (27/06/2013). 

Menurut Imron, kabar itu muncul dalam rapat yang digelar Kementerian PAN dan RB di Bali beberapa waktu lalu.  Dipaparkan, jika  bahwa pemerintah pusat akan memprioritaskan rekrutmen honorer K2. “Bagi honorer K2 yang tidak lolos seleksi pada Oktober, diikutkan dalam rekruitmen CPNS jalur umum. Tapi melihat bulan pelaksanaannya, sangat kecil kemungkinan rekruitmen jalur umum digelar tahun ini juga,” tandas mantan Kabag Kesra Sekdakot Mojokerto tersebut.

Diakui Imron, sebelumnya sinyal digelarnya rekruitmen CPNS jalur umum sudah sampai ke Pemkot. Bahkan gambaran quota sudah muncul. Anggaran untuk kegiatan ini pun sudah diplot di APBD 2013 sebesar Rp 320 juta. “Tapi kalau tidak jadi rekruitmen, ya tentunya anggarannya tidak terserap,” imbuhnya.

Di pemkot Mojokerto tercatat ada 237 orang yang masuk dalam kategori K2. Jumlah terbesar tercatat berasal dari tenaga pendidik atau guru. "Materi tes K2 itu hampir sama dengan materi tes dari jalur umum," kata Imron.

Tidak digelarnya rekruitmen CPNS di tubuh Pemkot Mojokerto ini mengundang pertanyaan publik. Apalagi, BKD pernah mengekspos kebutuhan PNS sudah mendekati angka 900 orang. 

Sinyalemen yang menguat, sengaja Pemkot mengulur rekruitmen CPNS lantaran berbenturan dengan Pilwali yang dihelat 29 Agustus 2013 mendatang. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional