Saldo Dana Kampanye Wira Terbanyak - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Saldo Dana Kampanye Wira Terbanyak

Jombang-(satujurnal.com) 
Tidak semua pasangan pro aktif menyampaikan laporan penggunaan dana kampanye. Hingga batas akhir laporan di KPU Jombang (10/6) kemarin, hanya dua pasang yang sudah menyampaikan penggunaan dana secara rinci. Dari laporan inilah diketahui pasangan wira memiliki saldo tertinggi.

Menurut Medan Amrullah, Pokja kampanye KPU Jombang, dana kampanye wira lebih banyak dari dua calon yang lain. Dalam laporan yang disampaikan oleh tim wira, menyebut anggaran dana kampanye sebesar Rp 699,6 juta. Setelah selama seminggu dibuat kampanye, penggunaan dana yang disampaikan sebesar Rp 699 juta.

''Sehingga ada saldo kas Rp 564 ribu setelah dipotong pajak,'' katanya didampingi staf KPU, Achmad Saifuddin. Laporan penyampaian dan penggunaan dana kampanye ini berbeda dengan laporan yang disampaikan oleh tim pemenangan pasangan Nyono-Mundjidah.

Dalam laporannya, pasangan yang berhasil sukses meraih 69 persen lebih suara ini hanya mematok Rp 500,5 juta. Setelah digunakan untuk kampanye dan sosialisasi di masyarakat, dana yang terkuras hanya Rp 500,4 juta. Sehingga masih ada sisa anggaran sekitar Rp 90,3 ribu yang dijadikan saldo kas. ''Kas inilah yang akan masuk ke kas negara,'' tegasnya.

Sedangkan laporan penggunaan dana kampanye pasangan mukti sampai berita ini ditulis belum dilaporkan. Meski bersifat wajib, pihak KPU tidak bisa menjelaskan secara rinci bagaimana sangsi yang akan diberikan. Bila hingga batas akhir laporan penggunaan dana kampanye tersebut tak juga disampaikan.

Ditambahkannya, masing-masing laporan penggunaan dana kampanye tersebut telah diserahkan ke masing-masing tim audit. Tim audit itu sengaja dihadirkan secara khusus dari Surabaya dan Malang. Untuk pasangan mukti akan diaudit oleh Subandi dari Kantor Akuntan publik Surabaya. Pasangan wira oleh Sudarma dan rekan dari MTD Surabaya.

Sedangkan pasangan Nyono-Mundjidah yang menyampaikan dana kampanye lebih sedikit dari wira, bakal diaudit oleh Taufan dari Thoufan nur CPA Malang. ''Jadi auditor masing-masing pasangan berbeda,'' tegas Medan.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional