Walikota : Batik Harus Lebih Dikembangkan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Walikota : Batik Harus Lebih Dikembangkan

Walikota Abdul Gani saat meninjau stand kerajinan batik.
Mojokerto-(satujurnal.com)
Batik, produk unggulan Kota Mojokerto agaknya menjadi atensi khusus Walikota Mojokerto, Abdul Gani Suhartono saat menyisir stand-stand pamer dalam Pameran Produk Kreatif Jatim yang dihelat Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mojokerto, di GOR dan Seni Mojopahit, Jum’ at (21/06/2013).

“Pameran ini merupakan sarana memamerkan hasil kreatifitas para pelaku usaha. Kota Mojokerto sudah terkenal dengan produk alas kaki sepatu, jadi alangkah baiknya jika kerajinan batik lebih dikembangkan lagi,” ingatnya.

Sampai saat ini, enam motif batik khas Kota Mojokerto sudah dipatenkan. Namun, perkembangan batik tulis masih lamban. “Batik harus mampu bersanding dengan alas kaki,” katanya.

Sementara itu, Kepala Diskoperindag Kota Mojokerto, Harlistyati mengatakan, pameran yang digelar menyambut Hari Jadi Kota Mojokerto ke 95 ini diikuti 69 pelaku usaha. Selama enam hari, mulai hari ini hingga 27 Juli 2013 mendatang, para pelaku usaha menggelar produk mereka agar lebih dikenal lebih jauh oleh masyarakat. Diantara puluhan pelaku usaha, diantara merupakan binaan dan mitra Diskoperindag.

“Pameran ini juga sebagai ajang promosi untuk meningkatkan jaringan pemasaran secara langsung, meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi wirausaha baru yang dapat memperkokoh ketahanan ekonomi nasional, menciptakan wahana interaksi bagi pengelola koperasi dengan UMKM, serta agar masyarakat dapat mencintai produk dalam negeri,” ujar Kepala Diskoperindag, Harlistyati.

Jaringan pemasaran antara masyarakat selaku calon konsumen akan terjalin secara langsung. "Utamanya memang bagaimana kita mencintai produk dalam negeri," ujar Harlistyati.

Hasil dari pelatihan diantaranya bisa dilihat pada pameran ini yaitu tentang pengolahan kemasan makanan. Di bidang permodalan, Pemkot juga mengucurkan bantuan modal bergulir bagi koperasi, pra koperasi, industri kecil. Ini termasuk hasil pelatihan kita kepada mitra koperasi dan UMKM kami,” katanya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional