Beredar Ayam Tiren, Warga Resah Ngluruk Disnak. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Beredar Ayam Tiren, Warga Resah Ngluruk Disnak.

Jombang-(satujurnal.com)
Akibat banyaknya peredaran Ayam Tiren dipasaran, membuat warga Jombang resah, karena tidak faham ciri-ciri ayam tiren, warga datangi Dinas Peternakan, pihak Dinas Peternakan menyangkal bahwa ayam yang dibeli adalah ayam tiren. Sementara itu hasil laboratorium Dinas Kesehatan Jombang, Meski ayam tidak mengandung formalin dan zat pewarna namun ayam yang dibeli diduga ayam tiren pasalnya baunya busuk serta ayam di beri zat pemutih.

Sejumlah warga Jombang mendatangi kantor Dinas Peternakan Jombang, kedatanganya untuk mengetahui ayam yang dibeli adalah ayam baik. Pasalnya warga resah adanya peredaran ayam tiren dipasaran.

Ahmad Suroji salah satu warga mengaku dirinya takut lantaran ayam yang dibeli dipasar dengan harga 5 ribu rupiah perekor, mencurigakan,pasalnya harga ayam kampung dipasaran 45 ribu perekor.

Gatot Suwarto Kabid Keswan mengatkan dari penelitian Dinas Peternakan Jombang, ayam yang dibeli dipasar bukan ayam tiren, meskipun ciri-cirinya dengan mata ayam membiru, serta bagian lain ada bekas membiru, pasalnya pada leher ayam tidak ditemukan gumpalan darah, kalau tentang warna ayam dari zat pewarna tektil.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Heri Wibowo mengaku dari penelitian laboratorium Dinas Kesehatan Jombang, hasilnya ayam tidak mengandung formalin serta warna ayam dari kunyit, tidak mengndung zat pewarna, namun dari bau busuk ayam diduga ayam tiren, dan ayam yang diteliti sudah direndam dengan bahan pemutih pakaian atau clorin.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional