Enam Kandidat Walikota Deklarasikan Pilkada Damai - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Enam Kandidat Walikota Deklarasikan Pilkada Damai

Mojokerto-(satujurnal.com)
Enam kandidat walikota dan wakil walikota Mojokerto periode 2013 – 2018 deklarasi dan berikrar menjadikan Pilwali sebagai pemilukada yang damai, jujur dan adil serta menghindari segala bentuk kekerasan. Selain itu, para kandidat menyatakan siap menang siap kalah, serta siap menerima keputusan KPU atas penetapan walikota terpilih di ajang pesta demokrasi tingkal lokal yang digelar 29 Agustus mendatang

Keenam kandidat sesuai nomor urut, yakni Achmad Rusyad Manfaluti - Risdy Harintoko (MANFAATI), Drajat Stariaji  - Yanto (DY), Mas'ud Yunus - Suyitno (MY), Iwan Sulistono - Eddy Suhartono (IeD0, Ayub Busono Listiawan - Mulyadi (ABDI) dan Hendro Suwono - Warsito (NOTO).

Butir-butir deklarasi dan ikrar itu dicetuskan dalam helatan bertajuk Deklarasi dan Ikrar Pemilukada Damai Kota Mojokerto 2013 di kantor KPU Kota Mojokerto, jalan Benteng Pancasila, Selasa (30/07/2013) malam.

Usai berikrar bersama Ketua KPU Kota Mojokerto, I Gede Dewa Paramartha, keenam kandidat menandatangani prasasti damai. Sesaat kemudian, mereka berdiri bersama bergandengan erat.

Sebelumnya, saat memberi sambutan, Walikota Mojokerto, Abdul Gani Suhartono berharap agar kampanye Pilwali yang akan dilangsungkan tanggal 12 Agustus sampai dengan 25 Agustus mendatang dapat berlangsung secara bermartabat.

“Persaingan untuk mendapatkan suara terbanyak mesti dilakukan dengan indah. “Jangan sampai terjadi gesekan. Hindari anarkisme dan sikap diskriminatif,” pesan Gani. 

Masyarakat, ujar Gani, tentunya berharap akan muncul pemimpin yang mampu membawa Kota Mojokerto yang lebih baik. “Pengganti saya akan menjadi tumpuhan harapan masyarakat agar kedepan Kota Mojokerto akan lebih baik lagi,” ucap Gani dihadapan forum pimpinan daerah (Forpimda) Mojokerto serta tim sukses kandidat.

Sementara, I Gede Dewa Paramartha mengatakan, deklarasi dan ikrar damai diagendakan pihaknya untuk menjaga komitmen keenam calon agar siap untuk terpilih atau tidak terpilih. “Empat butir deklarasi dan ikrar damai menjadi komitmen bersama para kandidat untuk menjadikan Pilwali bersih,” katanya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional