Jadi Jurkam MY, Walikota Ajukan Cuti - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Jadi Jurkam MY, Walikota Ajukan Cuti

Abdul Gani Suhartono
Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto, Abdul Gani Suhartono memastikan diri menjadi juru kampanye (jurkam) pasangan calon (paslon) walikota – wawalikota Mas’ud Yunus – Suyitno dalam running Pilwali Mojokerto Agustus mendatang. Memastikan keseriusannya, kader PDI-P yang menjadi walikota Mojokerto dua periode tersebut sudah mengajukan ijin cuti ke Gubernur Jawa Timur , sebagai persyaratan kepala daerah menjadi jurkam.

“Jauh hari, saat rakercabsus terkait pencalonan MY (akronim paslon Mas’ud – Yitno) pun saya sudah menyatakan kesiapan menjadi jurkam paslon usungan partai saya (PDI-P),” cetus Abdul Gani, Kamis (11/07/2013).

Walikota yang akan lengser Desember 2013 ini menegaskan, keseriusannya naik panggung menjadi jurkam MY mengalahkan dorongan partai agar dia mencalonkan menjadi caleg DPR RI pada Pileg 2014. “Saya rela tidak men-caleg-kan demi MY,” ujarnya serius.

Gani menyatakan pun akan all out memenangkan paslon usungan partai berlambang banteng moncong putih itu.

Jam terbang sebagai anggota DPRD Jawa Timur sebelum melaju dalam Pilwali Mojokerto tidak langsung sepuluh tahun silam bagi PDI-P merupakan aset partai yang akan menjadi magnet untuk pemenangan paslon MY. “Untuk menjadi jurkam, saya cuti,” tukasnya.

Kepala badan kepegawaian daerah (BKD) kota Mojokerto Moh Ali Imron menegaskan bahwa proses pengajuan cuti Walikota sedang diproses bagian pemerintahan Pemkot Mojokerto. "Sekarang sudah diproses di bagian pemerintahan," tegas Moh Ali Imron.

Sementara Kabag Pemerintahan Pemkot Mojokerto Achmad Zzainudin membenarkan terkait proses pengajuan ijin cuti Walikota tersebut. Sampai dengan saat ini bagian pemerintahan sedang memproses pengajuan cuti itu. "Ya sudah kita proses, semuanya ada di staff saya," ujarnya.

Terpisah ketua DPC PDI-P kota Mojokerto Yunus Suprayitno memaparkan bahwa nama-nama jurkam MY sudah ia daftarkan ke KPU. Diantaranya terdapat nama Walikota Mojokerto H Abdul Gani Soehartono serta fungionaris DPP Mindo Sianipar. "Pak Gani kita harapkan dapat menjadi magnet bagi masyarakat untuk memilih MY," tandas pria yang juga wakil ketua DPRD kota Mojokerto ini.

Yunus menambahkan, sebagai kepala daerah yang juga kader PDI-P, Gani harus mendukung pasangan calon yang juga diusung PDI-P ini. "Rekomendasi DPP PDI-P sudah untuk pasangan MY. Maka sebagai kader PDI-P, walikota harus mengamankan rekom tersebut," tegas Yunus.

Sementara itu, anggota KPU kota Mojokerto Pokja pencalonan pilwali Mahadianto Sukartika mengatakan bahwa ijin cuti Walikota untuk menjadi jurkam paling lambat tiga hari sebelum naik panggung harus sudah masuk ke KPU. Dengan mengantongi ijin cuti tersebut, ditentukan bahwa saat menjadi jurkam, walikota tidak diperkenankan menggunakan fasilitas negara. Diantaranya kendaraan, ajudan, patwal serta standard protokoler lainnya yang melekat pada jabatan Walikota.

"Kita menunggu ijin cuti itu. Karena itu merupakan syarat pejabat negara yang menjadi jurkam," tegas Tiko, sapaan akrab pria yang juga koordinator divisi hukum dan kampanye KPU kota Mojokerto ini.(one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional