Mamin Mengandung Rodhamin Beredar di Pasar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Mamin Mengandung Rodhamin Beredar di Pasar

Petugas Dinkes Jombang saat razia mamin, Senin (15/07/2013)
Jombang(satujurnal.com)
Sejumlah produk makanan ringan berbahaya di temukan beredar bebas di pasar tradisional di Jombang. Produk makanan mengandung rodhamin b 12 atau pewarna tekstil yang bisa memicu kanker tersebut di jual tanpa label kadaluarsa.

Sidak terhadap penjualan makanan dan minuman dilakukan petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang di sejumlah pasar tradisional. Petugas langsung menyisir toko dan memeriksa barang milik pedagang. Di salah satu lapak milik pedagang di Pasar Pon, Jombang. petugas menemukan sejumlah produk makanan yang diduga mengandung rodamin b 12,atau zat pewarna pakaian yang di gunakan dalam makanan.

Makanan ringan tersebut beredar di pasar tanpa mencantumkan detail keterangan dan label produksi. Keberadaan sejumlah zat berbahaya dalam makanan yang berdar di pasar tersebut sangat merugikan masyarakat, Pasalnya,dalam jangka waktu panjang bisa memicu penyaklit berbahaya termasuk penyakit kanker.

Sayangnya,tidak ada tindakan tegas dari petugas terkait sejumlah temuan tersebut,petugas hanya memberi pengarahan dan pembinaan terhadap pedagang.

“Saya hanya menjual saja, tidak tahu masalah dagangan saya mengandung zat pewarna atau tidak,” elak Lasmini salah satu pedagang makanan ringan dipasar tradisional Jombang kota.

Salah satu petugas, Meihendra mengaku, sidak ini memang sengaja di gelar dalam rangka melindungi konsumen dari produk-produk berbahaya selama bulan suci ramadhan. “Sidak dan razia ini akan terus kami gelar,” katanya.

Petugas mengancam akan memberikan tindakan tegas berupa penyitaan dan pemusnahan,jika kembali ditemukan pedagang yang menjual barang mengandung zat berbahaya.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional