Proyek Tol Kertosono – Mojokerto Terancam Molor - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Proyek Tol Kertosono – Mojokerto Terancam Molor

Jombang-(satujurnal.com)
PT MHI , kontraktor pelaksana kontruksi jalan tol Trans Java pada ruas jalan Kertosono – Mojokerto kesulitan menyelesaikan proyek pembangunan tol. Pasalnya pembebasan lahan belum tuntas. Perusahaan ini hanya bisa mematok maksimal 50% jika tidak seluruh lahan yang dilewati ruas jalan tol bisa dibebaskan oleh pemerintah.

Di beberapa bagian pada ruas jalan tol Kertosono - Mojokerto pengerjaan kontruksi jalan tol sudah dilaksanakan, namun ada beberapa lahan yang masih dalam proses pembebasan. Pihak kontraktor tidak bisa berbuat apa-apa. Karena sebagian besar masih adanya lahan yang belum berhasil dibebaskan. Kondisi ini menyebabkan penyelesaian kontruksi jalan tol bakal sulit tercapai.

Pada seksi satu lahan yang berhasil dibebaskan dan dilimpahkan kurang 7 persen, Sedangkan pada seksi dua kurang 15 persen.

Ruas jalan tol Kertosono - Mojokerto sebagai bagian dari jalan Trans java, Sebagian besar lahannya berada di wilayah kabupaten Jombang,

Ruas jalan terbagi menjadi dua seksi, seksi 1 berada pada wilayah Bandar Kedungmulyo – Jombang. Sedangkan seksi 2 berada di wilayah Jombang - Mojokerto bagian barat.

Rinaldi, pengelola tol Trans Java mengatakan, pada seksi satu, pengerjaan kontruksi jalan tol sudah mencapai 45%. Namun, jika seluruh lahan yang dibutuhkan tidak segera bisa dibebaskan pengerjaan kontruksinya maksimal hanya 50 persen.

Pihak kontraktor masih menunggu proses pembebasan lahan oleh pemerintah Kabupaten Jombang. Pembebasan lahan itu bukan tanggung jawab kontraktor. Namun jika belum bisa dibebaskan seluruhnya/tidak bisa memperkirakan ini kapan akan selesai.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional