Ratusan Bangku SMAN Kosong - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ratusan Bangku SMAN Kosong

Jombang-(satujurnal.com)
Ratusan bangku kosong tersebut tersebar pada sejumlah sekolah menengah atas negeri, seperti SMAN Mojoagung terdapat 5 siswa, SMAN Jogoroto 11 siswa, SMAN Plandaan 7 siswa. Juga, terdapat pada SMKN 1 Jombang 24 siswa, SMKN Gudo 40 siswa, SMKN 2 Jombang 40 siswa, SMKN Wonosalam 21 siswa.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Jombang, Sukristiono Siwi menyebutkan, kekosongan kursi tersebut tetap dibiarkan. Karena, hal itu merupakan imbas sistem penerimaan siswa baru awal Juli lalu. ’’Itu karena ada (sistem) pilihan. Sekolah tertentu jadi kekurangan siswa,’’ ungkapnya..

Menurut Sukristiono, kondisi itu akan segera dievaluasi. Pasalnya, ada kaitannya dengan aturan main PPDB. Seperti kebijakan kuota 20 persen bagi siswa miskin. "Ternyata banyak kuota dari RTM yang tidak diambil. Jadi jurusan yang mereka pilih tidak dimasuki," terangnya.

Ada pula sekolah yang bertahun-tahun kekurangan siswa alias selalu ada bangku kosong. Kata Sukristiono, hal itu terjadi di SMKN Wonosalam. "Peminat di sekolah itu rendah. Padahal muridnya (lulusan SMP) melimpah," sebutnya.

Menurutnya, rendahnya peminat tersebut pada jurusan agrobisnis. Meski jurusan tersebut sesuai dengan kondisi lingkungan setempat, sekolah kurang bisa menarik minat siswa setempat. Sehingga tiap tahun sekolah selalu kekurangan siswa. "Kita selalu berikan dana untuk sewa lahan. Nanti akan kita evaluasi lagi," jelasnya

Perlu diketahui, di Kabupaten Jombang terdapat 47 SMA, yang terdiri dari 12 SMA Negeri dan 35 SMA swasta. Sedangkan tingkat SMK terdapat 70 sekolah dengan rincian 8 SMK Negeri dan 62 SMK swasta. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional