Tradisi Gerebek Apem Sambut Bulan Ramadhan. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tradisi Gerebek Apem Sambut Bulan Ramadhan.


Jombang-(satujurnal.com]
Grebek apem sambut bulan ramadhan di halaman GOR Kota Jombang berlangsung ricuh. Ratusan warga yang takut tidak kebagian tiba-tiba merangsek maju menyerbu gunungan kue apem yang di arak panitia.
Dalam kejadian ini, puluhan wanita dan anak-anak  nyaris terinjak-injak ratusan warga lainnya. Tak hanya itu, sejumlah warga yang menggendong anak ikut dalam rebutan gunungan apem.

Namun karena kalah tenaga, belasan wanita dan anak-anak  berteriak-teriak minta bagian ke beberapa pemuda yang sudah diatas gunungan apem.

Rebutan gunungan kue apem merupakan tradisi yang rutin digelar pemerintah kabupaten jombang setiap tahun untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Selesai di arak 2000 buah kue apem tersebut sedianya akan di bagikan pada seluruh warga. Namun baru saja akan berangkat, gunungan kue apem tersebut langsung di serbu warga yang sudah menunggu di depan pintu gerbang gedung GOR. Dalam tradisi ini  warga meyakini akan mendapat berkah jika mendapat kue apem tersebut sehingga mereka rela jatuh bangun untuk mendapatkannya.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional