Cawali Mojokerto Pilih Coblos Paling Awal - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Cawali Mojokerto Pilih Coblos Paling Awal

Cawawali Suyitno dan istri saat mencoblos di TPS 22 Kedundung
Mojokerto-(satujurnal.com)
Enam pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Mojokerto yang memiliki hak suara memilih mencoblos paling awal, sekitar pukul 7:30 WIB. Para kandidat menuju TPS bersama istri dan keluarganya serta didampingi sejumlah tim pemenangan.

Tak ada alasan signifikan yang dikemukan. “Lebih awal kan lebih baik,” ujar cawawali Suyitno.  

Senada juga dikemukakan cawali dan wawalikota lainnya. “Karena TPS sudah dibuka, dan kita siap mencoblos, ya langsung saja. Apalagi TPS yang saya tuju bersebelahan dengan rumah saya,” ujar cawali Drajat Stariaji.

Meski demikian, dalam Pilwali langsung kedua kalinya dalam sejarah Kota Mojokerto ini, dari enam paslon, satu cawali dan tiga wawali tidak memiliki hak pilih dalam Pilwali karena tidak masuk DPT wilayah Kota Mojokerto. Cawali Ayub Busono Listiawan, merupakan warga Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Cawawali Risdy Harintoko, warga Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Cawawali Suyanto, warga Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Gedeg dan Warsito, warga Kabupaten Malang.

Sementara lima cawali dan tiga cawawali lainnya menggunakan hak pilihnya di TPS dimana mereka terdaftar sebagai pemilih.

Cawali Achmad Rusyad Manfaluti mencoblos di TPS 10 Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari. Cawali Drajat Stariaji mencoblos di TPS 10 Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon. Cawali Mas'ud Yunus di TPS 6 Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon. Cawali Iwan Sulistyo di TPS 9 Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari. Cawali Hendro Suwono di TPS Kelurahan Sentanan, Kecamatan Prajurit Kulon. Cawawali Suyitno di TPS 22 Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari. Cawawali Edy Suhartono di TPS Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari dan cawawali Mulyadi di TPS 8 Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari.

Sementara itu, warga Kota Mojokerto yang terdaftar dalam DPT masih berkesempatan menggunakan hak pilihnya di ratusan TPS yang tersebar di dua kecamatan hingga pukul 13:00 WIB. 

Data KPU Kota Mojokerto menyebutkan, DPT setelah perubahan tercatat 93.737 suara yang akan diperebutkan enam paslon walikota dan wawalikota dalam running Pilwali di kota kecil dengan dua kecamatan ini. Terdapat 220 TPS yang tersebar di dua kecamatan. Di Kecamatan Prajurit kulon dipasang 97 TPS dan 123 TPS di Kecamatan Magersari dipasang 123 TPS.

Sementara untuk hasil resmi penghitungan perolehan suara para paslon, KPU Kota Mojokerto baru akan melakukan penghitungan tanggal 5 – 7 September mendatang. “Ada waktu tiga hari penghitungan suara di tingkat KPU,” ujar Miftha Amanu, Komisioner KPU Kota Mojokerto, Kamis (29/8/2013). (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional