Dewan Inginkan Eks RSUD Jadi RTH - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Dewan Inginkan Eks RSUD Jadi RTH

Mojokerto-(satujurnal.com)
Eks RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto jalan Gajahmada diingin Dewan setempat disulap menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang publik berbasis green lifestyle.

Selain merupakan salah satu upaya untuk menambah ruang terbuka hijau dan ketersediaan oksigen di kawasan padat pemukiman, karena sejauh ini belum muncul grand design untuk lahan yang berada di jatung kota terrsebut.

"Lebih pas kalau lahan eks RSUD diubah jadi RTH dan ruang publik," kata Plt Ketua DPRD Kota Mojokerto, Syaiful Arsyad, Jum'at (16/08/2013).

Penambahan RTH, ujar Ipung, sapaan Syaiful Arsyad, terkait masih kurangnya proporsi RTH dari ketentuan 30 % dari luas wilayah kota. "Itu juga sesuai dengan RTRW," katanya.

Desain RTH yang dikehendaki, yakni taman terbuka yang dilengkapi fasilitas edutainment. "Bukan RTH yang hanya untuk paru-paru saja, tapi juga dilengkapi playground dan dan sarana edukasi," imbuh politisi PAN tersebut.

Dan konsep tanaman pada RTH, lanjut Ipung, adalah tanaman-tanaman yang dapat bertoleran dengan pemukiman padat penduduk.⁠ "juga harus dilengkapi pedestrian ways, sebagai ruang sirkulasi bagi pejalan kaki," katanya.

Keinginan menjadikan eks RSUD menjadi RTH ni tak lepas dari sikap Walikota Abdul Gani Suhartono yang memastikan tidak akan menyentuh gedung dan bangunan eks rumah sakit yang didirikan tahun 1948 tersebut.

Sejak tanggal 2 Januari 2013 lalu, seluruh pelayanan rumah sakit yang terpetak menjadi 42 bagian bangunan ini dipindahkan ke rumah sakit baru dengan nama yang sama, RSUD Dr Wahidin Sudirohusodo di kawasan Surodinawan, Prajurit Kulon. Praktis tak ada aktivitas di gedung rumah sakit yang berjarak beberapa puluh meter dari perkantoran Pemkot Mojokerto tersebut. Hanya beberapa tenaga satpam yang tampak berjaga di bangunantersebut. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional