Durasi Visi Misi Kandidat Walikota Dibatasi 15 Menit - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Durasi Visi Misi Kandidat Walikota Dibatasi 15 Menit


Enam pasang kandidat walikota Mojokerto saat deklarasi damai
Mojokerto-(satujurnal.com)
Aturan ketat penyampaian visi misi enam pasang kandidat walikota – wakil walikota Mojokerto tanggal 12 Agustus mendatang diberlakukan DPRD Kota Mojokerto. Setiap pasang kandidat diberi durasi waktu tidak lebih dari 15 menit untuk penyampaian visi misi. Sementara, jumlah pendukung yang diperbolehkan mendamping di ruang paripurna maksimal 5 orang.

“Selain karena terbatasnya ruang paripurna, pembatasan juga untuk efektivitas. Undangan yang tidak ditempatkan di ruang paripurna, disediakan tempat di lantai bawah,” ujar Plt Ketua DPRD Kota Mojokerto, Syaiful Arsyad, Senin (05/08/2013) terkait rangkaian penyampaian visi misi kandidat bertajuk ‘Rapat Paripurna Istimewa V DPRD Kota Mojokerto’ tersebut.

Termaktub dalam tata tertib rapat, pembatasan waktu penyampaian visi misi dibarengi ‘warning’. Jika penyampaian visi misi melebihi batas waktu yang telah ditentukan, pimpinan rapat berhak untuk menghentikan. “Dengan enam pasang kandidat, diagendakan waktu 90 menit untuk penyampaian visi dan misi seluruh pasang kandidat,” imbuh Ipung, sapaan Syaiful Arsyad.

Ditandaskan Ipung, dalam rapat paripurna istimewa penyampaian visi-misi nantinya tidak diperbolehkan ada, interupsi, atau massa yang berteriak-teriak. Kandidat hanya memaparkan visi-misinya.

“Penyampaian visi misi kan bukan debat kandidat. Makanya kita semua ingin berlangsung aman dan damai. Makanya dalam tata tertib juga digarisbawahi, pendukung tidak diperbolehkan membawa atribut partai. Dan pakaian yang dikenakan juga harus sesuai dengan identitas pasangan kandidat,” katanya.

Sementara terkait kemungkinan melubernya pendukung pasangan kandidat, tuan rumah saat penyampaian visi-misi kandidat tersebut mempersilahkan mereka melihat jago mereka melalui layar lebar yang dipasang di lantai bawah. “Kita pasang screen viewer untuk melihat dan mendengarkan visi misi setiap pasang kandidat,” kata Ipung.  

Agar penyelenggaraan visi-misi kandidat tidak diwarnai bentrokan antar tim pendukung atau massa simpatisan enam pasang kandidat, sejumlah aparat kepolisian dipastikan akan dilibatkan secara aktif.

Enam pasang kandidat walikota  Mojokerto 2013-2018, yakni nomor urut 1, Achmad Rusyad Manfaluti – Risdy Harintoko (MANFAATI), nomor urut 2, Drajat Stariaji – Yanto (DY), nomor urut 3, Mas’ud Yunus – Suyitno (MY), nomor urut 4, Iwan Sulistyono – Eddy Suhartono (Ied), nomor urut 5, Ayub Busono Listyawan – Moelyadi (ABDI) dan nomor urut 6, Hendro Suwono – Warsito (NOTO). “Penyampaian visi misi dilakukan secara berurutan sesuai nomor urut pasangan kandidat,” tukas Ipung. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional