Jelang Lebaran, Pengunjung Lapas Mojokerto Membludak - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Jelang Lebaran, Pengunjung Lapas Mojokerto Membludak

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pengunjung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 , Jalan Taman Siswa Kota Mojokerto sepekan belakangan meningkat drastis hingga seratus persen. Selain karena menjelang lebaran. Intensitas pengunjung tak lepas dari jumlah penghuni lapas yang sudah over kapasitas.

Seperti saat jam kunjungan dibuka, Senin (05/08/2013). Sejak ‎pagi, sebelum jam kunjung dibuka , ratusan pengunjung  tampak  antri di loket regristrasi dan shelter antrian pengunjung.

Kian mendekati jam buka, mereka yang hendak menjenguk sanak saudara dan kerabatnya yang tengah menjalani hukuman kian meluber hingga di halaman depan lapasm

Pihak lapas pun terpaksa menambah petugas untuk memperketat keamanan pengunjung dan memeriksa barang bawaan mereka. Selain tentunya kartu identitas (KTP) pengunjung yang dijadikan atensi petugas lapasm

"Kenaikan jumlah pengunjung lapas ini terjadi sejak seminggu terakhir. Lebih dari separuh jumlah pengunjung adalah istri napi dan tahanan," terang  Kapalas Kelas 2 Mojokerto, Urip Herunadi.

Menurut Urip, jika pada hari biasa jumlah pengunjung sekitar  seratus hingga seratus lima puluh orang, namun saat ini pengunjung  mencapai empat ratus orang  per hari. "Setiap pengunjung harus  meninggalkan KTP. Barang bawaan pengunjung juga kami periksa secara ketat. Bahkan pengunjung dilarang mengenakan jaket dan alas kaki," imbuhnya.

Ia tak menampik, pningkatan jumlah pengunjung berbanding lurus dengan jumlah penguni lapas. "Penghuni lapas over kapasitas. Idealnya dihuni 280 orang. Tapi  saat ini penghuninya 491 orang. Jadi kalau pengunjungnya meningkat, tak lepas dari persoalan kapasitas ini juga," tukas Urip. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional