KPUD Jombang Masih Minus 28.833 Surat Suara - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

KPUD Jombang Masih Minus 28.833 Surat Suara

Jombang-(satujurnal.com)
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten jombang Kekurangan 28. 833 surat suara, untuk Pilgub Jawa Timur, 29 Agustus mendatang. Ini diketahui saat melakukan proses penyortiran dan penghitungan logistik pemilu di aula KPUD setempat. Bahkan, kekurangan tersebut belum termasuk surat suara yang rusak sesuai jumlah daftar pemilih tetap.

Penyortiran dilakukan, oleh ratusan petugas KPPS guna mencocokkan jumlah surat suara sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap warga Jombang.

Dalam pensortiran diketahui, puluhan ribu surat suara yang masih belum di kirim KPU Jawa Timur.J umlah tersebut didapat,usai KPUD melakukan penghitungan terhadap 402 boks surat suara yang datang, atau sekitar 1,5 juta surat suara.

Bahkan dari 402 boks surat suara yang dikirim tersebut,rata-rata per boks juga mengalami kekurangan hingga 34 surat suara lebih. Padahal seharusnya per boks jumlah surat suara harus berisi 25 ribu.

Selain mengalami kekurangan 28 ribu lebih surat suara, dalam penyortiran juga ditemukan beberapa surat suara rusak, selain kondisi berlubang, sejumlah surat suara juga tercetak kabur.

Menurut Ketua Pokja Logistik,KPUD Jombang, M Jafar,dari seluruh kekurangan tersebut, pihaknya akan meminta kepada KPU Jawa Timur, untuk mendapatkan penambahan. Sebab, jumlah surat suara yang datang dari jumlah DPT jombang yang mencapai 1.033.833 jiwa tidak sama. Seharusnya pengiriman surat suara harus sesuai dengan DPT daerah, selain itu jumlah surat suara cadangan harus 25 persen dari total jumlah DPT.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional