Mobil Plat Merah dan Eksploitasi Anak Warnai Kampanye Pilwali - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Mobil Plat Merah dan Eksploitasi Anak Warnai Kampanye Pilwali

Mojokerto-(satujurnal.com)
Memasuki masa kampanye 12 – 25 Agustus 2013, bola panas Pilwali Kota Mojokerto kian menggelinding. Kurun dua hari, panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kota Mojokerto menemukan dua pelanggaran berat. Yakni penggunaan kendaraan plat merah untuk kampanye dab pelibatan anak.

’’Pada Senin (12/08/2013), kita mendapati kendaraan dinas plat merah yang digunakan mengusung pendukung calon ke lokasi debat kandidat di JTV. Itu jelas termasuk pelanggaran kampanye,’’ kata Elsa Fifajanti, ketua Panwas Kota Mojokerto, Selasa (12/08/2013).

Menurut Elsa, karena ajang debat kandidat merupakan salah satu bentuk kampanye yang difasilitasi KPU dan dilaksanakan pada hari yang termasuk dalam masa kampanye, maka haram hukumnya menggunakan fasilitas publik seperti mobil dinas untuk mengusung calon maupun pendukung calon.

’’Kita punya foto mobil dinas yang digunakan itu sebagai barang bukti. Dan langsung kita tindaklanjuti,’’ paparnya. Yakni dengan melaporkannya ke Bawaslu Provinsi. Juga kepada Badan Kehormatan (BK) dan pimpinan DPRD Kota Mojokerto. ’’Yang menggunakan mobil plat merah itu anggota dewan, makanya kita laporkan ke BK dan pimpinan DPRD,’’ paparnya.

Pelanggaran lainnya, saat pawai dalam kemasan kampanye terbuka hari pertama yang dilakukan pasangan Iwan Sulistyo-Edy Hartono (IEd), Selasa (13/08/2013) dengan menggunakan mobil kontainer dan diikuti rombongan sekitar 300 massa dari satu titik ke titik yang lain, diketahui banyak melibatkan anak-anak. ’’Tadi kita mendapati banyak anak kecil yang dilibatkan dalam kampanye. Makanya langsung kita tegur,’’ ujar Elsa.

Eksploitasi anak dalam kampanye, kata Elsa, sangat dilarang. “Makanya tidak kita tolerir sedikitpun. Pada tahap awal akan kita ingatkan dengan teguran, tapi jika setelah ditegur tetap diteruskan, kita tak segan merekom sanksi,’’ tegasnya. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional