Rehab Alun-Alun Bernuansa Majapahit Rampung Nopember - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Rehab Alun-Alun Bernuansa Majapahit Rampung Nopember

Rancangan Alun-Alun Kota Mojokerto. (sumber : DPU Kota Mojokerto)
Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemerintah Kota Mojokerto memastikan proyek rehab Alun-alun Kota Mojokerto rampung akhir Nopember 2013 mendatang.

Pundi APBD yang disiapkan untuk menjadikan Alun-alun yang kini masih kumuh menjadi kawasan asri yang memadukan unsur budaya dan teknologi tersebut sebesar Rp 4,8 miliar.

Kepala Dinas PU Kota Mojokerto, Subambianto mengatakan, planing rehab Alun-alun sudah pada tahapan proses lelang. ‘Pekan ketiga Agustus ini proses lelang konstruksi selesai. Pekan keempat Agustus SPK (surat perintah kerja) rekanan pemenang tender kita terbitkan. Sedang pelaksanaan proyek dijadwalkan awal September sampai akhir Nopember,” paparnya, Senin (19/08/2013).

Ia mengaku optimis, tahapan pekerjaan akan berjalan sesuai schedule. “Insya Allah akan selesai sesuai jadwal,” imbuhnya.

Menurut mantan Kepala Disnaker Kota Mojokerto tersebut, rancangan tata ruang dan taman Alun-alun garapan PT Wira Darma Nusa, Solo, Jawa Tengah ini bernuansa Majapahit dengan tetap mempertahankan beberapa bangunan lama, seperti monumen merah putih dan meriam kuno.

Kawasan yang dijadikan paru-paru kota dan steril dari PKL ini ujar Bambi, sapaan Subambianto, dikonsep untuk mengembalikan alun-alun sebagai identitas kerajaan Mojopahit.

Corak sejarah ditampilkan pada warna khas Majapahit yakni warna gulo klopo (warna gula merah). Bentuk bangunan mayoritas terbuat dari terakota. Gapura replika Candi Wringin Lawang dan Bajang Ratu ditonjolkan sebagai aset kerajaan Majapahit.

“Selain itu, disiapkan sirkulasi pejalan kaki,sarana olahraga dan bermain serta edukasi ,” imbuhnya.

Dan yang pasti, tidak ada lagi pagar yang mengelilingi Alun-alun, seperti kondisi saat ini. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional