Walikota Berang, Puluhan PNS 'Mreteli' Sebelum Jam Pulang - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Walikota Berang, Puluhan PNS 'Mreteli' Sebelum Jam Pulang

Walikota AbduL Gani Suhartono saat memimpin apel sore, Senin (12/08/2013)
Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto, Abdul Gani Suhartono berang, menyusul absennya puluhan PNS di lingkup sekretariat saat apel sore di hari pertama masuk kerja pasca cuti lebaran, Senin (12/08/2013).

Saat apel sore yang langsung dipimpin orang nomor satu di lingkup Pemkot Mojokerto tersebut, diketahui puluhan abdi negara itu pulang sebelum jam kerja berakhir. Padahal, saat apel pagi, yang absen hanya tiga orang.

“Saya benar-benar kecewa. Saat sidak tadi pagi, yang tercatat tidak masuk kerja hanya tiga orang. Itu pun karena alasan sakit. Tapi saat apel sore, ‘mreteli’ sampai puluhan orang. Ini menunjukkan ketidakdisiplinan pegawai,” lontar Gani dihadapan ratusan PNS.

Dari 10 unit kerja di lingkup sekretariat Pemkot Mojokerto, kepala dan staf Bagian Perekonomian ‘ngeblong’. Semuanya tak tampak apel sore. Pun di Bagian Pembangunan, hanya kepala bagian yang ikut apel. Sementara di beberapa bagian lainnya, dilaporkan sejumlah staf absen karena dinas luar, sebagian pulang tanpa alasan.

“Tanpa pandang bulu, baik kepala bagian maupun staf yang tidak disiplin akan dijatuhi sanksi. Soal tingkatan sanksinya, BKD dan Inspektorat yang akan menindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku,” tandas Gani.

Ia pun menyebut para PNS yang indisipliner sebagai abdi negara yang tidak taat azas. “Selama saya masih menjadi walikota, saya minta semua PNS disiplin. Tolak ukurnya bukan hanya apel saja, tapi kinerja. Saya belum pulang, justru mereka lebih awal pulangnya. Ya lebih baik mereka saja yang jadi walikota,” sindir walikota dua periode yang akan lengser Desember mendatang tersebut.

Sementara langkah yang bakal diambil, Gani menyebut segera melakukan evaluasi menyeluruh. “Tidak saja di lingkup sekretariat saja, semua unit kerja akan kita evaluasi. Ini demi penegakan disiplin,” tekannya.

Saat apel pagi, BKD mencatat tiga PNS di lingkungan Sekertariat Dewan, Bagian Hukum, dan Bagian Perpustakaan dan Arsip absen.  

Kepala BKD Kota Mojokerto Muhammad Ali Imron menuturkan bahwa tim penegak disiplin menemukan ketiga PNS itu tak masuk karena sakit. "Sudah kita cek dan pastikan ada tiga PNS yang tak masuk kerja. Tapi mereka sakit," kata Imron.

Bersama tim penegak disiplin, Walikota  melakukan sidak ke sejumlah satuan kerja di lingkungan Pemkot Mojokerto. Mulai dari Sekertariat Pemkot sampai satuan kerja yang lain. Wali Kota Gani menyidak kantor Dinas P dan K setempat. 

Namun ada kecenderungan, para PNS biasanya masuk sekadar masuk. Produktivitas kerja mereka tak maksimal. Namun, Imron menolak kecenderungan ini. "Siang ini, kami akan sidak kembali. Akan ketahuan apakah banyak PNS pulang sebelum jam kerja berakhir atau pulang sesuai waktunya," kata Imron. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional