Dispendukcapil Jemput Bola, Jaring Wajib E-KTP - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Dispendukcapil Jemput Bola, Jaring Wajib E-KTP

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pola jemput bola merekam biodata warga yang wajib ber-KTP dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Mojokerto. Leading sektor kependudukan ini menjalin kerjasama dengan 23 SMA/SMK/MA se Kota Mojokerto untuk perekaman data E-KTP 

“Kami memilih pola jemput bola ke sekolah-sekolah untuk menumbuhkan kesadaran secara dini bagi masyarakat utamanya mereka yang akan memasuki usia wajib KTP (wajib KTP pemula),” kata Kepala Dispendukcapil Kota Mojokerto,Suhartono, Senin (16/09/2013). 

Jemput bola, ujarnya, dilakukan di sekolah masing-masing bagi pelajar yang berusia 16 tahun dan berdomisili di kota Mojokerto. “Langkah ini juga dalam rangka penyusunan database kependudukan nasional,” imbuh mantan Asisten II Sekkota Mojokerto tersebut. 

Seperti saat melakukan perekaman data di SMK A. Yani Kota Mojokerto. Sejumlah pelajar melakukan perekaman biodata penduduk berupa perekaman pas foto, sidik jari, iris mata dan tanda tangan. “Kegiatan ini bersinergi dengan amanat Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 471.13/3938/SJ tanggal 25 Juli 2013 perihal Percepatan dan Pengembangan Perekaman E-KTP,” ungkapnya. 

Dikatakan, dokumen kependudukan merupakan dokumen penting bagi segala lini kehidupan, seperti untuk sekolah, melamar pekerjaan, melaksanakan pernikahan, domisili, transaksi perbankan dan sebagainya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional