Kemarau Panjang Berkah Bagi Petani Buah Gloden. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kemarau Panjang Berkah Bagi Petani Buah Gloden.

Jombang-(satujurnal.com)
Musim kemarau panjang menjadi berkah tersendiri bagi petani buah,di Jombang.Bagaimana tidak dalam satu musim tanam buah petani bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah,Pasalnya musim kemarau tanaman  buah petani kwalitasnya sangat baik.

Musim kemarau panjang tidak menyurutkan nyali petani buah Desa Sentul, Kecamatan Tembelang, Jombang. Justru mereka kian giat menanam beragam buah-buahan. Seperti tanaman buah, dari tanaman semangka, melon, blewah hingga buah golden hasil silangan dari buah melon  dengan buah blewah. 

Khusus untuk tanaman buah golden, para petani desa ini bahkan berani menyewa lahan persawahan hingga jutaan rupiah untuk satu kali musim tanam. Ini lantaran keuntungan yang menjanjikan dari buah hasil rekayasa itu. 

Dengan menyewa sawah satu hektar seharga Rp 6 juta dan biaya tanam Rp 3 juta, mereka bisa menjual hasil panen secara borongan ke tengkulak antara Rp 35 juta hingga Rp 40 juta. 

“Sebenarnya kalau hasil panen kita jual sendiri, keuntungan akan lebih banyak. Kalau dijual ke tengkulak, untung bersih sekitar Rp 25 juta. Tapi kalau dijual eceran, bisa meraup keuntungan Rp 35 juta sampai Rp 40 juta,” ujar salah satu petani buah golden melon seraya menyebut harga per kilo buah ini Rp 7 ribu. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional