KPU : Mas'ud Yunus - Suyitno Walikota Mojokerto Terpilih - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

KPU : Mas'ud Yunus - Suyitno Walikota Mojokerto Terpilih

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pasangan calon (paslon) walikota - wakil walikota Mojokerto, Mas'ud Yunus - Suyitno ditetapkan KPU setempat sebagai walikota - wakil walikota terpilih dalam rapat pleno yang digelar Kamis (05/09/2013) siang.

Hasil pleno terbuka perhitungan suara yang dihadiri saksi lima paslon menyebutkan pasangan incumbent meraup dukungan 35.089 suara atau 48,17 %.
Pasangan berkronim MY ini mendominasi perolehan suara di 220 TPS yang tersebar di 18 kelurahan. Ias unggul di 15 kelurahan dalam Pilwali Mojokerto yang digelar 29 Agustus lalu.

Sementara perolehan suara sah dibawah angka yang diraup MY yakni paslon Ayub Busono Listyawan - Moeljadi (ABDI) 27.878 suara (38,17 %), paslon Achmad Rusyad Manfaati - Risdy Harintoko (MANFAATI) 3.686 suara (5,06%),paslon Hendro Suwono - Warsito (NOTO) 3.493 suara (4,80 %) , Drajat Stariaji - Yanto (DY) 1.571 suara (2,16 %) dan paslon Iwan Sulistyono - Edy Suhartono (IED) 1.125 suara (1,54 %).

Tingkat partisipasi pemilih pada Pilwali Kota Mojokerto langsung kedua kalinya ini mencapai 81,40 % dari suara pemilih sebanyak 93.737.

Dua saksi paslon ABDI dan MANFAATI angkat suara mengajukan protes soal keabsahan Pilwali. Saksi paslon ABDI
bahkan melakukan aksi walk out ditengah pleno.

Komisioner KPU Kota Mojokerto Yusuf Widayat mengatakan, ada waktu tiga hari bagi paslon yang tidak puas untuk mengajukan gugatan ke MK. Sedang hasil pleno akan dikirim ke DPRD untuk diteruskan Mendagri melalui Gubernur Jatim untuk mendapatkan pengesahan. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional