Musim Kemarau, Petani Gunakan Mesin Pompa Berbahan Bakar LPG. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Musim Kemarau, Petani Gunakan Mesin Pompa Berbahan Bakar LPG.

Jombang-(satujurnal.com)
Musim kemarau tidak membuat petani berhenti menanam jagung. Agar para petani tetap bisa menyambung hidup mereka menggunakan mesin pompa air berbahan bakar LGP. Seperti yang dilakukan petani Desa Tinggar Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang.

"Karena bahan bakar premium naik saya menggunakan mesin pompa air dengan bahan bakar LPG.  bahan bakar LPG lebih irit 60% dari bahan bakar premium," ujar Jamin, petani Desa Tinggar, Selasa (17/09/2013).

Dalam sehari, ia hanya menghabiskan 1 tabung elpiji ukuran 3 kg.

Sementara itu, Saiful Anam seorang tukang bengkel pencipta pompa air multi injkesi sejak tahun 2009. Sudah puluhan petani yang minta dibuatkan pompa berbahan bakar LPG. Untuk merakitnya petani hanya mengeluarkan uang Rp 250 ribu.

Kecanggihan pompa air berbahan bakar LPG  selain irit juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap. Selain itu pada torak mesin bersih dari kotoran atau kerak,sehingga mesin bertahan hingga 5 tahun tanpa servis.

Mesin pompa multi injeksi buatan Saiful sudah banyak pesanan dari luar kota diantaranya,Lamongan, Gersik, Banyuwangi hingga luar pulau Sumatra diantaranya Palembang dan Aceh.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional