Perajin Batu Bata Temukan Mortir Aktif - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Perajin Batu Bata Temukan Mortir Aktif


Mojokerto-(satujurnal.com)
Mariono, perajin batu bata menemukan sebuah mortir aktif berdaya ledak tinggi (high ekplosif) ketika sedang mengaduk tanah, Kamis (12/09/2013). 

Awalnya  warga Desa Kepuh Pandak, Kecamatan Kutorejo, Kbupaten Mojokerto tersebut mengira benda yang tersangkut pada pacul yang digunakannya untuk mengaduk tanah adalah sebuah botol. "Cangkul yang saya gunakan untuk mengaduk tanah membentuk benda yang menimbulkan bunyi pantulan antar besi. Saya lebih kaget, ternyat benda itu sebuah mortil,” unkap Mariono. 

Ia mengaku membeli tanah untuk produksi batu bata dari  tersebut dari lokasi galian C di Desa Karangdieng, Kecamatan Kutorejo. “Tanahnya saya dapatkan dari galian C di Desa Karangdieng,” imbuhnya. 

Penemuan mortir yang tidak diketahui asalnya tersebut langsung dilangsungkan ke Polsek Kutorejo. Setelah anggota polisi datang ke lokasi penemuan dan memeriksa ternyata benda tersebut adalah grenade mortir karakteristik panjang  sekiar 40 centimeter dan  berdiameter -10 centimeter yang masih aktif. 

Penemuan martir ini langsung ditangani Polsek Kutorejo. Namun disposal atau pemusnahan bahan peledak yang dilakukan tim Gegana Polda Jatim di Desa Karang Dieng tersebut tidak berjalan mulus. Baru peledakan kelima, martir tersebut bisa meledak. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional