Pleno Penetapan Walikota Terpilih : Lima Kandidat Absen - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pleno Penetapan Walikota Terpilih : Lima Kandidat Absen

Walikota Abdul Gani Suhartono saat memberi sambutan dalam rapat pleno terbuka
Mojokerto-(satujurnal.com)
Lima dari enam pasangan calon (paslon) walikota - wakil walikota Mojokerto absen dalam rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih yang digelar KPU Kota Mojokerto, Kamis (05/09/2013) siang.

Satu-satunya yang hadir adalah calon walikota Drajat Stariaji. Kandidat dari jalur independxen yang menempati urutan kelima dalam bursa Pilwali Mojokerto ini hadir bersama tim pemenangan tanpa didampingi Yanto, pasangannya.

"Terlepas siapa paslon terpilih, kedatangan saya atas undangan KPU ini justru untuk menyaksikan langsung moment penting dalam Pilwali yang berlangsung 29 Agustus lalu," kata Drajat.

Menurut Drajat, ditetapkannya Mas'ud Yunus - Suyitno (MY) sebagai walikota - wakil walikota terpilih harus diterima secara legowo. "Meski pun ada beberapa catatan bagi Panwaslu terkait berbagai pelanggaran Pilwali yang tidak disikapi secara profesional," tandasnya.

Kehadiran Drajat diapresiasi Walikota Abdul Gani Suhartono. “Harapan saya Saudara Drajat Stariaji tidak patah semangat. Karena dalam sebuah pemilihan, menang dan kalah hal biasa. Justru pengalaman ini (menjadi peserta Pilwali) akan menjadi motivasi sehingga akan bisa memenangkan Pilwali berikutnya,” katanya.

Rapat pleno terbuka KPU Kota Mojokerto yang dihadiri Walikota Abdul Gani Suhartono, Kapolresta Mojokerto, AKBP Widji Suwartini, Dandim 0815 Mojokerto, Letkol Inf. Heryana Susanto dan sejumlah pejabat Pemkot, Mas'ud Yunus - Suyitno ditetapkan sebagai calon walikota - wakil walikota terpilih. Pasangan incumbent usungan PDI-P meraup dukungan 35.089 suara atau 48,17 %.

Pasangan berkronim MY ini mendominasi perolehan suara di 220 TPS yang tersebar di 18 kelurahan. Ia unggul di 15 kelurahan.

Sementara perolehan suara sah dibawah angka yang diraup MY yakni paslon Ayub Busono Listyawan - Moeljadi (ABDI) 27.878 suara (38,17 %), paslon Achmad Rusyad Manfaati - Risdy Harintoko (MANFAATI) 3.686 suara (5,06%),paslon Hendro Suwono - Warsito (NOTO) 3.493 suara (4,80 %) , Drajat Stariaji - Yanto (DY) 1.571 suara (2,16 %) dan paslon Iwan Sulistyono - Edy Suhartono (IED) 1.125 suara (1,54 %).

Ketua KPU Kota Mojokerto, I Dewa Gede Paramartha mengatakan, hasil pleno akan dikirim ke DPRD untuk diteruskan Mendagri melalui Gubernur Jatim untuk mendapatkan pengesahan. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional