Potret Buram Pendidikan di Jombang : Masih Ada Siswa yang Belajar di Garasi dan Emperan Rumah - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Potret Buram Pendidikan di Jombang : Masih Ada Siswa yang Belajar di Garasi dan Emperan Rumah

Kegiatan belajar mengajar SDI Universal Jombang
Jombang-(satujurnal.com)
Kendati pemerintah gembar-gembor soal peningkatan mutu pendidikan, namun rupanya hanya berlaku untuk sekolah berlabel negeri. Sementara perhatian pemerintah terhadap peran serta masyarakat di dunia pendidikan sangat minim.

Potret ketidakpedulian pemerintah ini tampak pada kondisi Sekolah Dasar Islam (SDI) Universal yang berada di komplek perumahan Mojoasri,Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung,  Kabupaten Jombang. Sekolah dibawah Yayasan Bani Adam ini kondisinya mengenaskan. Bahkan, bisa dibilang tidak layak disebut sebagai tempat pendidikan formal.  

Dari empat ruang yang dimiliki sekolah ini, semuanya tidak layak difungsikan sebagai ruang kelas. Ruang kelas terbesar hanya seluas 6,5 meter x 6 meter yang sebelumnya merupakan garasi mobil. Ruang ini berhimpitan dengan ruang kantor dan kantin Sedangkan  tiga kelas lainnya berukuran lebih kecil. Kian tidak layak, karena ruang untuk belajar yang berada di emperan rumah itu berukuran minim, sempit dan pengap.

Upaya yayasan melakukan pendekatan ke pemerintah setempat ternyata tak bersambut. Dari tahun ke tahun, hingga terhitung sebelas tahun, pihak yayasan berusaha mendapatkan bantuan pemerintah, namun nihil.

“Sudah berkali-kali, sejak sebelas tahun lalu kami berupaya mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk peningkatan sapras (sarana dan prasarana) sekolah kami. Tapi sejauh ini tidak ada respon sama sekali. Bahkan pihak dinas menyatakan tidak ada prioritas untuk sapras,” ungkap Abdul Kholik, Ketua Yayasan Bani Adam, Kamis (26/09/2013),

Kendati upaya yayasan terus kandas, namun tidak ada kata menyerah. “Kalau menyerah ya tidak. Justru kami tetap berharap pemerintah daerah lebih memperhatikan lagi. ,” singgungnya. 
.
Sementara itu, ketua Yayasan Bani Adam yang menaungi sdi universa,l Abdul Kholik mengaku upaya pengajuan dana untuk pembangunan ruang belajar mengajar sudah dilakukan semenjak 11 tahun lalu,namun hingga sekarang belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah daerah.(rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional