Walikota Mojokerto Lepas 132 CJH - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Walikota Mojokerto Lepas 132 CJH

Pelepasan CJH Kota Mojokerto 2012 (doc.SJ)
Mojokerto-(satujurnal.com)
Sebanyak 132 orang calon jamaah haji (CJH) Kota Mojokerto siang ini dilepas Walikota Mojokerto H. Abdul Gani Soehartono di Pendopo Graha Praja Wijaya, Pemkot Mojokerto. 

Para CJH yang tergabung dalam kloter 18 embarkasi Juanda ini akan dipimpin Asisten I Sekkab Mojokerto, Imam Jajuli. 

Acara pemberangkatan diagendakan pukul 13:00 WB. Selain Walikota, juga dihadiri Wawali, Sekda, Forpimda, dan disaksikan keluarga jamaah, CJH terlebih dahulu akan menuju ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Mojokerto, H. Syamsuri Arif mengatakan, musim haji tahun ini, Jumlah ini adalah jumlah jemaah paling sedikit yang pernah ada.  Tahun-tahun sebelumnya, yang berangkat ke tanah suci dari kota ini di kisaran 160 jemaah. Selain karena faktor pengurangan kuota, juga faktor lain termasuk tak bisa melunasi saat batas akhir pelunasan.

Para CJH asal Kota Mojokerto itu akan terbang bersama jemaah daerah lain. Bahkan Jemaah asal Kota Mojokerto ini hanya kloter penyangga bersama Surabaya, Kabupaten Mojokerto, dan Lamongan. "CJH kita masuk kloter 18. Kita akan berangkat pada 19 September 2013 melalui Embarkasi Surabaya," kata Syamsuri, beberapa waktu lalu.  

Selain 132 CJH dari Kota Mojokerto, ada 293 CJH Surabaya sebagai kloter utama, 15 CJH dari Kabupaten Mojokerto, dan digenapi 2 CJH dari Lamongan. Sebenarnya, kuota jemaah haji Kota Mojokerto sebanyak 160 orang. Namun, yang melakukan pelunasan hingga batas akhir pelunasan hanya 150 orang.

"Banyak yang menunda-nunda pelunasan. Sampai ada pelunasan gelombang dua tapi tak melunasinya. Ditambah kebijakan pengurangan kuota yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi. Ada 14 CJH yang sudah melunasi, namun gagal berangkat akibat pengurangan kuota ini," katanya. (one)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional