Dam Karet Diperbaiki, Ratusan Hektar Sawah Kekeringan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Dam Karet Diperbaiki, Ratusan Hektar Sawah Kekeringan

Jombang-(satujurnal.com)
Perbaikan dam karet Jatimlerek Kecamatan Plandaan,  Kabupaten  Jombang yang berlangsung kurun tiga bulan terakhir berdampak luas. Ratusan hektar lahan persawahan di tujuh desa dari dua kecamatan mengalami kekeringan akibat tidak adanya pasokan air dari sungai Brantas. 

Pompa air yang digunakan untuk menyedot air bawah tanah untuk mengairi sawah pun tak banyak membantu. Masa cocok tanam terlewati. Para petani akhirnya membiarkan sawah mereka menjadi tidak produktif. 

Lahan persawahan yang mengering diantanya Desa Jatimlerek,Desa Karangmojo,Desa Karangsemanding,Desa Rejoagung,yang berada di Kecamatan Plandaan,sementara  itu di Kecamatan  Ploso,kekeringan di Desa Jatigedong,Desa Ploso,dan Desa Tanggungkramat.

“Para petani sudah mengetahui soal perbaikan dam karet. Makanya untuk sementara lahan persawahan mereka dibiar tidak ditanami hingga selesainya perbaikan dam karet,” kata Sumartono, Sekdes Jatimlerek, Jum’at (11/10/2013).

Sementara untuk keperluan sehari hari agar sumur warga tidak kering, pihak Jasa Trita melakukan pemompaan dari sungai Brantas ke anak sungai desa setempat. (rg)
a

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional