Demo Hadang Truk Material Tol Moker Nyaris Ricuh - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Demo Hadang Truk Material Tol Moker Nyaris Ricuh

Jombang-(satujurnal.com)
Pembangunan mega proyek jalan Tol Mojokerto - Kertosono (Moker) sepanjang 41 kilometer terus menuai penolakan warga Jombang yang terdampak proyek. Aksi penghadangan dan pengusiran truk pengangkut material tol kembali dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam ‘Jamaah Korban Tol” di Jombang, Senin (21/10/2013).

Mereka menuntut agar uang ganti rugi. Warga korban tol mengaku belum menerima uang ganti ruginamun tanahnya sudah diuruk material tol.

Selain tidak dilibatkan dalam proses ganti rugi warga juga menolak hasil konsinyasi dari pemerintah terkait ganti rugi yang mengacu pada nilai jual obyek pajak dikalikan tujuh.

Kericuhan nyaris berubah menjadi adu fisik. Pasalnya, diantara sopir truk pengangkut material tol ada yang nekad menerobos barisan warga yang tengah berdemo. Tak pelak, puluhan warga yang meradang merangsek mendekati sopir truk. Barikade pun dipasang.

Meski tak membuahkan hasil, namun warga mengancam akanterus melakukan demo hinga terjadi penyelesaian ganti rugi yang mereka anggap layak..

Pembangunan mega proyek jalan Tol Mojokerto - Kertosono sepanjang 41 kilometer yang melintasi Kabupaten Jombang ini sendiri berlangsung sejak tahun 2007 dan ditargetkan rampung pada  tahun 2014 mendatang dengan anggaran senilai Rp 3 trilyun dari kantong APBN. (rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional