Hatta Rajasa Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda ke-78 Unesa Surabaya - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hatta Rajasa Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda ke-78 Unesa Surabaya

Hatta Rajasa (doc.istimewa)
Surabaya-(satujurnal.com)
Menko Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan orasi ilmiah 'Membangun Daya Saing Bangsa Sebagai Kunci Keberhasilan Menghadapi Integrasi Ekonomi Global' dihadapan rwisudawan Universitas Negeri Surabaya, Minggu (13/10).

Dalam wisuda ke-78 Unesa yang diikuti 2.181 wisudawan program sarjana, sarjana, dan diploma tersebut, jebolan Teknik Perminyakan ITB angkatan 1973 yang kini menjadi orang nomor satu di tubuh Partai Amanah Nasional (PAN) tersebut mengatakan, tema orasi ilmiah yang disampaikannya sangat sesuai dengan pandangan ihwal pembangunan daya saing bangsa Indonesia di era globalisasi.’

Indonesia, ujar Hatta, tidak bisa terhindar dari proses globalisasi yang terjadi. Ada dua pilihan strategi dalam menghadapi globalisasi. Menutup diri dari globalisasi ,sering diimplementasikan  dengan kebijakan nasionalis yang sempit atau mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat meraih keuntungan yang optimal dari globalisasi.
Pilihan pertama sering menimbulkan moral hazard, yang membuat daya saing produk dalam negeri menjadi lemah, dan juga merugikan konsumen dalam negeri karena mereka harus membayar mahal produk yang dibuat dengan tidak efisien, karena terus mendapat proteksi. Pilihan ini pada akhirnya akan menurunkan kesejahteraan masyarakat kita. Pilihan kedua , mempersiapkan diri adalah pilihan yang terbaik, karena dapat memberikan dampak yang optimal bagi kita. Namun, kita harus bekerja keras  meningkatkan efisiensi perekonomian, agar dapat memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki secara optimal, sehingga dapat bersaing di pasar global, dan akan keluar sebagai pemenang dari proses globalisasi yang terjadi,” tandasnya.


Karenanya, ia berharap, ke depan para wisudawan Unesa dapat berperan besar dalam ikut memajukan bangsa. “Selain itu, pemerintah juga akan mendorong Unesa menjadi salah satu lembaga pendidikan berbasis riset yang mampu menciptakan sumber daya manusia berkualitas,” ujar Menteri Sekretaris Negara Kabinet Indonesia Bersatu I tersebut.

Ucapan selamat pun disampaikan mentri yang identik dengan rambut putih tersebut.

 "Selamat kepada para wisudawan. Alhamdullilah, kerja keras, dedikasi, keuletan dan ketekunan telah menjadikan saudara menyelesaikan pendidikan secara tepat waktu," ujar Hatta disambut senyum wisudawan dan Rektor Unesa, Prof. Dr. Muchlas Samani.

Diwisuda, imbuh Hatta, bukan akhir dari proses pembelajaran tetapi merupakan awal masuknya ke dunia pembelajaran. Dan sekaligus berkontribusi kepada bangsa," tukas pria kelahiran Palembang enam puluh tahun silam itu. (ang/rol)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional