Kawal Rekruitmen CPNS, Komisi I Tampung Pengaduan Masyarakat - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kawal Rekruitmen CPNS, Komisi I Tampung Pengaduan Masyarakat

Deni Novianto
Mojokerto-(satujurnal.com)
Kendati menyebut proses pendaftaran dalam rekruitmen CPNS 2013 di lingkup Pemkot Mojokerto relatif kondusif, namun Dewan setempat berkepentingan melakukan pengawasan ketat hingga menampung laporan masyarakat. Terlebih, setelah munculnya tambahan kuota. 

“Soal proses pendaftaran CPNS, sejauh ini memang belum ada keluhan atau pun pengaduan masyarakat yang masuk di meja Dewan. Tapi bagi kami, ada atau tidak ada laporan masyarakat, pengawasan tetap berjalan. Ini agar pelaksanaan seleksi CPNS benar-benar berjalan sesuai aturan, transparan dan adil,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Mojokerto, Deni Novianto, Minggu (9/10/2013).

Awak Komisi yang membidangi hukum dan pemerintahan, ujar Deni, terbuka terhadap setiap laporan atau pengaduan masyarakat terkait rekruitmen CPNS tersebut. “Meski secara formal tidak membuka posko pengaduan, tapi kami siap menampung semua pengaduan masyarakat. Dan kami pastikan kerahasiaan pelapor,” tandasnya. 

Sementara terkait penambahan kuota CPNS sebanyak 49 porsi, sejauh ini pihaknya belum mendapat konfirmasi lebih lanjut dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD). “Sampai sekarang belum ada kabar lebih lanjut, tambahan kuota 49 itu untuk formasi apa saja,” akunya. 

Dewan, lanjut Deni, berharap agar penambahan kuota itu berlangsung mulus. “Jangan sampai muncul aroma KKN, apalagi nada sumbang soal manipulasi mengiringi penambahan ini,” imbuh politisi Partai Demokrat tersebut. 

Sebelumnya, Kepala BKD Kota Mojokerto, Novi Rahardjo membenarkan soal porsi tambahan tersebut. “Surat Menpan dan RB tentang tambahan porsi CPNS Kota Mojokerto tertanggal 26 September 2013 kami terima tanggal 30 September 2013. Ada tambahan porsi sebanyak 49,” ungkapnya. 

Namun, ujar Novi, karena hanya disebutkan jumlah porsi tanpa formasi, pihaknya akan menunggu kepastian formasi itu sampai dengan hari akhir pendaftaran, 4 Oktober lusa. “Kita tunggu sampai tanggal 4 Oktober. Apakah formasinya sebagaimana yang ada di formasi 101 atau tidak,” kilahnya. 

Sebenarnya, lanjut Novi, sejak turunnya porsi 101 CPNS, Pemkot sudah mengajukan penambahan. Dan respon yang turun saat ini, tidak lepas dari pengajuan itu. “Tanggal 30 Juli 2013 Pemkot mengajukan tambahan. Tapi baru turun 26 September, sesuai tanggal surat porsi tambahan itu,” ungkapnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional