Kembalikan Semangat “Sego Segawe”, Pesepeda Onthel Yogya Berikrar Sumpah Sepeda - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kembalikan Semangat “Sego Segawe”, Pesepeda Onthel Yogya Berikrar Sumpah Sepeda

(doc.istimewa)
Yogyakarta-(satujurnal.com)
Ikrar Sumpah Sepeda dibesut pesepeda onthel Yogyakarta di moment Hari Sumpah Pemuda. Ikrar yang diikuti ribuan pesepeda onthel Yogyakarta ini dihelat  di Monumen SO (Serangan Oemoem) 1 Maret di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, pada malam peringatan Sumpah Pemuda, Minggu (27/10/2013).

Aksi ribuan pesepeda onthel ini, diawali dari Museum Perjuangan Yogyakarta, kemudian bersepeda bersama menuju Titik Nol melintasi Jalan legendaris Malioboro. Aneka kostum dikenakan para pesepeda. Sebagian besar mengenakan kostum unik dari berbagai barang bekas, seperti botol minuman, keranjang, daun-daunan, dan lain-lain.

Selain berikrar, para pesepeda ini juga memasang sebuah Tugu Sepeda di depan Monumen SO 1 Maret. Tugu sepeda ini sebagai simbol kebangkitan sepeda di Kota Yogyakarta.

“Para pesepeda kembali bangkit bersama menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi pilihan,” cetus Koordinator pesepeda onthel, Thowil dalam ikrarnya.

"Semangat bersepeda harus terus dibangkitkan. Dan perlu didukung dengan fasilitas bagi pesepeda, seperti jalur khusus sepeda. Sepeda ini juga untuk mengkampanyekan anti polusi," katanya.

Terpenting lagi, pesepeda Yogyakarta ini ingin mengembalikan semangat SEGO SEGAWE (sepeda nggo sekolah lan nyambut gawe/sepeda untuk sekolah dan bekerja) yang pernah berjaya di kota gudeg tersebut. (dt/one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional