Pola Kepemimpinan dan Budaya Hirarki di Indonesia - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pola Kepemimpinan dan Budaya Hirarki di Indonesia

Bedah Pustaka Book Club : ‘Pemimpin dan Perubahan’ 

Surabaya-(satujurnal.com)
Leader is agent of change. Pimpinan adalah agen perubahan. Demikian pula di dunia bisnis, seorang pemimpin berada di garda terdepan dalam menghadapi segala perubahan, sekaligus membawa kemudi bisnisnya mencapai puncak sukses. 

Ruaniwati, saat bedahbuku "Pemimpin dan Perubahan'
Bagaimana cara pemimpin untuk mengelola perubahan, itulah yang didiskusikan dalam forum bedah buku “Pemimpin dan Perubahan” helatan  ActionCOACH Surabaya, Jum’at (18/10).

Acara yang dikemas dengan nama “Book Club” ini merupakan upaya PT. Surabaya Excellence Action (ActionCOACH East Java-Bali) untuk menghadirkan atmosfir pembelajaran bisnis dengan membedah buku-buku, yang kemudian didiskusikan dan dihubungkan dengan permasalahan bisnis yang ada. 

Ruaniwati, CEO Dash & Associates yang menjadi pembicara bedah buku ini memaparkan, secara garis besar buku “Pemimpin dan Perubahan” yang ditulis Hora Tjitra, Hana Panggabean dan Juliana Murniati berisi hasil wawancara terhadap 20 C-Level Executives dari perusahaan nasional dan multinasional papan atas di Indonesia yang sukses dalam memimpin perubahan organisasi berskala besar. khususnya bagaimana model kepemimpinan mereka di tengah perubahan yang terjadi. 

“Secara garis besar, buku ini menerangkan bagaimana pemimpin Indonesia dalam mengelola perubahan, serta mengemukakan pendekatan budaya pemimpin Indonesia yang banyak dipengaruhi oleh budaya hierarkis. Hierarki disini bisa diartikan, bahwa pemimpin itu dianggap sebagai bapak atau ibu yang menopang, mengayomi, dan menjadi teladan bagi anak buahnya. Pemimpin dulu yang bertindak, baru diikuti oleh anak buahnya. Dengan begitu, seorang pemimpin dituntut harus cepat mengambil langkah untuk menghadapi perubahan,” urainya di sela-sela acara yang bertempat di Ballroom ActionCOACH, Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya tersebut.

Lebih jauh, Ruani, sapaan populer Runaniwati mengatakan, dewasa ini kita berada di landscape bisnis yang selalu berubah. Karenanya, diperlukan seorang pemimpin yang tanggap mensiasati fenomena yang terjadi.

“Sekarang ini kita berada pada landscape bisnis yang selalu berubah. Dalam masyarakat hierarki Indonesia, sosok pemimpin sebagai pemberi arah menjadi sangat penting untuk mengambil keputusan dan menggerakkan anak buahnya, menanggapi perubahan dengan cara berbeda juga, sesuai dengan landscape yang ada. Perubahan tidak harus selalu bersifat strategis namun juga bisa dengan melakukan perubahan kecil yang sifatnya rutin, misalnya mengubah pola penjualan,” tukas Ruani. (one) 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional