Sungai Mengering, Petani Kacang Hijau Gagal Panen - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Sungai Mengering, Petani Kacang Hijau Gagal Panen

Jombang-(satujurnal.com) 
Kemarau panjang yang melanda wilayah Jombang kian dirasakan petani Desa Jatimlerek, Kecamatan Plandaan. Sawah mereka kering kerontang lantaran tak ada pasokan air sungai. Akibat lebih jauh, mereka harus mengalami gagal panen. Seperti para petani kacang hijau di desa ini. Ujungya, mereka menelan kerugian hingga puluhan juta rupiah. 

Sedikitnya 5 hektar persawahan yang ditanami kacang hijau kering. Akibat lebih jauh, tanaman kacang hijau yang mereka tanam dua bulan lalu kian layu. Biji kacang hijau mengering. Kondisi ini diperparah dengan serangan hama ulat yang melahap kuncup bunga hingga tanaman tak bisa berbuah. 

“Sudah satu bulan terakhir ini sungai mengering karena tidak ada air dari sungai Brantas yang mengalir. Ini juga tak lepas dari perbaikan dam karet Desa Jatimlerek,” kata Sukarso, salah satu petani Desa jatimlerek.
Kerugian petani, ujar Sukarso, tidak saja menyangkut tanaman, namun juga akibat ongkos garap sawah dan perawatan tanaman kacang hijau yang mahal. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional