Tips memilih kambing kurban yang baik. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tips memilih kambing kurban yang baik.

Jombang-(satujurnal.com)
Menjelang hari raya kurban,banyak pedagang kambing yang asa jual tanpa mementingkan kondisi kambing,untuk memilih kambing kurban yang sehat.
Agar hewan kurban yang akan dikurbankan tidak berpenyakit,selain  tempat yang bersih  yang utama adalah kesehatan kambing, diantaranya,mulut bersih,mata sehat,juga biji kemaluan berisi.

Bagaimana tips cara memilih hewan kurban agar daging kurban sehat dan halal perlu untuk diperhatikan, banyaknya tempat penjualann hewan kurban, namun konsumen  tetap harus waspada memilih hewan-hewan tersebut.

Dinas Peternakan Kabupaten Jombang yang memantau kambing kurban,selain memeriksa kesehatan kambing juga perlu diperhatikan masalah tempat kambing. Selain itu petugas juga menghimbau agar pedagang memberi vitamin pada kambing.

Ahmad Baidlowi, Kepala Dinas Peternakan Jombang,mengatakan ciri kambing untuk kurban,bisa dilihat dari matanya yang bersih dan bersinar tidak belekan. Bulu bersih dan mengkilat serta tidak skabies,kotoran tidak mencret, kedua tanduk harus utuh,gigi susu harus sudah tanggal (kupa) dan berumur di atas satu tahun.

 Menurutnya vaksinasi hewan kurban dilakukan seminggu sekali agar  hewan kurban tidak terserang  virus antrax, pihaknya juga telah menyiapkan 12 ribu label sehat yang akan dipasang pada setiap hewan yang dibeli oleh pengurban.(rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional