Warga Randualas Berebut Air Bersih Droping Pemkab - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Warga Randualas Berebut Air Bersih Droping Pemkab

Jombang-(satujurnal.com)
Droping air bersih yang disalurkan Pemkab Jombang untuk ratusan warga kampung Randualas,Desa Marmoyo,Kecamatan Plandaan Jombang disambut antusias. Pasalnya, sejak dua bulan terakhir, krisis air bersih melanda kampung ini.

Krisis air bersih ini dipicu kemarau panjang yang melanda Kabupaten Jombang, utamanya di wilayah utara sungai Brantas. Imbas terbesar dirasakan warga kampung Randu Alas.

Untuk mendapatkan air bersih, mereka harus naik turun pegunungan maupun menampung air dari rembesan sungai yang mengering. Meski air jernih namun berasa pekat seolah bercampur kapur, namun warga tetap memanfaatkan, kendati pun ancaman terserang penyakit kian lekat.

“Sudah dua bulan terakhir ini warga Randu Alas hanya mengandalkan air dari sendang yang ada di pegunungan. Meski ,meski airnya jernih namun terasa ada kapurnya,” kata Jumilah.

Beruntung, saat ini Pemkab Jombang mengguyur air melalui pola droping air bersih sebanyak 4.000 liter. Animo warga untuk mendapatkan air bersih sangat tinggi. Kendati pun air bersih itu hanya cukup dikonsumsi selama 3 hari, namun setidaknya warga bisa kembali merasakan air yang layak konsumsi. (rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional