Bunga Bangkai Hebohkan Warga Kaliwungu - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Bunga Bangkai Hebohkan Warga Kaliwungu

Jombang-(satujurnal.com)
Warga kampung Kaliwungu , jalan Wisnu Wardana Jombang dihebohkan dengan munculnya bunga bangkai yang tumbuh di rumah Bayu Setiono, warga setempat. 

Keberadaan jenis tanaman langka ini sontak menyita perhatian warga sekitar. Mereka antusias ingin melihat secara langsung struktur atau bentuk bunga yang kerap dikenal dengan sebutan latin Raflesia Arnoldi itu.

Menurut Bayu Setiono, bunga bangkai itu mulai mekar di pekarangan rumahnya sejak seminggu lalu.  Awalnya ia tidak menyadari jika di pekarangan rumahnya  tiba-tiba muncul bunga tersebut. Padahal sejak puluhan tahun menempati rumahnya, tak sekali pun muncul bunga yang tumbuh di musim penghujan itu. Ia baru menyadarinya saat timbul bau tak sedap seperti bangkai hewan yang menyengat.

Bunga bangkai itu tumbuh diantara tanaman pinang itu memiliki ketinggian sekitar 50 sentimeter dengan diameter sekitar 50 sentimeter.

“Awal muncul tunas bunga saya tidak mencium aroma bau menyengat, tapi setelah bunga berumur seminggu bau menyengat mulai terasa,” akunya.  

Sejak itu warga sekitar berbondong-bondong mendatangi rumahnya lantaran penasaran melihat bunga dengan kelopaknya berwarga ungu dan tangai bunga memiliki bintik bintik putih serta kuncup berwarna hitam pekat ini. 

“Memang  terlihat indah, tapi baunya sangat menyengat sehingga mengundang lalat hinggap di kuncup bunga,” tukas Bayu Setiono.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional