Calkades Dicoret, Puluhan Pendukung Segel Balai Desa - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Calkades Dicoret, Puluhan Pendukung Segel Balai Desa

Jombang-(satujurnal.com)
Puluhan massa warga Desa Sumber Tebu, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, pendukung Pusoko, salah satu calon kepala desa (calkades) ngluruk ke balai desa setempat menuntut panitia pemilihan kepala desa (pilkades) menganulir pencoretan Pusoko. 

Lantaran tak ada satu pun perangkat desa maupun panitia pilkades di balai desa, massa serta merta menyegel balai desa. 

Sembari berorasi secara bergantian, massa menuding panitia pilkades tidak obyektif hingga mencoret jago mereka sebagai salah satu kandidat kepala desa.

“Panitia pilkades tidak obyektif. Semua persyaratan administrasi sudah memenuhi syarat. Tapi tetap saja nama Pusoko dicoret. Kami minta pencoretan itu dibatalkan dan Pusoko dinyatakan sebagai calkades !,” lontar salah satu pendukung Pusoko. 
Mereka mensinyalir terjadi rekayasa untuk menjegal Pusoko yang notabene warga asli desa setempat sebagai calkades. 

“Pusoko warga asli desa sini. Tidak ada aturan atau pun alasan yang dijadikan pijakan mencoret pencalonannya. Kami minta panitia pilkades maupun perangkat desa membeber alasannya,” tandas salah satu warga. 
Kekesalan massa memuncak karena perangkat desa dan panitia pilkades yang ditunggu-tunggu tak satu pun yang menampakkan batang hidungnya. Beberapa poster berisi dukungan terhadap Pusoko dan desakan kepada panitia pilkades pun dibentangkan di area balai desa. “Sarat kecurangan dalam tahapan pilkades,” cetus pendemo. 
Sembari menyegel balai desa, massa mengancam menginap di balai desa hingga calon yang mereka dukung bisa running pilkades. (rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional