Hadapi Pemilu 2014 KPU Kota Mojokerto Bentuk Relawan Demokrasi - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hadapi Pemilu 2014 KPU Kota Mojokerto Bentuk Relawan Demokrasi

Miftahul Amanu
Mojokerto-(satujurnal.com)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto, Jawa Timur, berencana membentuk relawan demokrasi yang bertugas membantu kegiatan sosialisasi Pemilihan Umum 2014.

“Rencananya akan ada 15 relawan demokrasi yang akan direkrut,” kata Miftahul Amanu, Komisioner KPU Kota Mojokerto, Rabu (20/11/2013). 

Sesuai surat dari KPU, kata Amanu, relawan demokrasi dibentuk di masing-masing daerah untuk membantu KPU melakukan sosialisasi dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

Untuk kepentingan ini, pihaknya sudah membuka pengumuman di sejumlah titik. “Selain diumumkan di kantor KPU (Kota Mojokerto) , juga melalui media Pemkot, seperti radio dan tabloid Palapa, serta papan pengumuman di setiap kantor kelurahan,” imbuh Amanu.  

Ia berharap agar pengumuman itu diketahui masyarakat luas. "Kami tidak ingin kasus di wilayah lain, di mana tidak ada relawan yang mendaftar sehingga pengumuman tersebut harus diperpanjang," tandas dia. 

Peranan relawan demokrasi, lanjut Amanu, dalam membantu KPU mensosialisasikan pemilihan umum 2014 sangat pas. “Kami harapkan (relawan demokrasi) mampu meningkatkan kesadaran dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya, membangkitkan kesadaran, dan kepercayaan publik atas proses demokrasi,” katanya.

Sebenarnya, ujar Amanu, sesuai dengan instruksi yang ada, di Kota Mojokerto bisa dibentuk relawan demokrasi sebanyak 25 orang. “Tapi soal ini perlu kami rapatkan lagi, mengingat luas wilayah Kota Mojokerto yang hanya dua kecamatan saja dengan daftar pemilih tetap (DPT) kurang dari 100 ribu jiwa," katanya. (one/ant)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional