Menpan-RB : Test 1,6 Juta CPNS Lancar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Menpan-RB : Test 1,6 Juta CPNS Lancar

Azwar Abubakar
Jakarta-(satujurnal.com)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpa-RB) Azwar Abubakar  memastikan, tes kompetensi dasar (TKD) Calon PNS (CPNS) tahun 2013 diikuti oleh 1.612.854 peserta di berbagai daerah hari ini berjalan lancar.

Pelamar umum yang mengikuti test sebanyak 963.872 peserta dan 648.982 peserta dari tenaga honorer kategori II (K2).

Kepastian itu disampaikan Azwar dalam siaran pers terkait penyelenggaraan tes calon abdi negara dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK) yang berlangsung serentak, hari ini.

"Saya optimistis pelaksanaan tes ini berlangsung sesuai dengan rencana, karena Panselnas sudah sejak jauh-jauh hari melakukan persiapan,” ujar Azwar. Minggu (03/11/2013).



Dipaparkan, calon honorer kategori II yang mengikuti tes terdiri dari 86.351 orang untuk kementerian/lembaga, dan 562.631 tersebar di hampir seluruh provinsi, kabupaten/kota. Dari jumlah itu, pemerintah menyiapkan kuota 30 persen, atau sekitar 216 ribu untuk diangkat menjadi CPNS. Selain TKD, pada hari yang sama tenaga honorer kategori II juga mengikuti tes kompetensi bidang.

Sementara untuk pelamar umum yang dipanggil mengikuti tes, sebanyak 210.109 peserta diantaranya tersebar di 21 kementerian/lembaga. Sedangkan 753.763 orang memperebutkan 40 ribu formasi yang telah ditetapkan di 256 pemerintah daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Soetrisno menambahkan, tes kompetensi bidang bagi tenaga honorer K2 terdiri dari bidang kesehatan, pendidikan, dan administrasi umum.

Ketua Pelaksana Panitia Seleksi Nasional CPNS 2013 ini juga menambahkan, setelah selesai tes maka seluruh Lembar Jawaban Komputer akan dikirim ke tempat pengolahan hasil tes di suatu tempat khusus, yang steril. 

"Panselnas dibantu oleh konsorsium PTN dan timquality assurance (QA),” ujar Eko. (rp/one).

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional