Musim Pancaroba, Pasien Diare Melonjak - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Musim Pancaroba, Pasien Diare Melonjak

Jombang-(satujurnal.com)
Masyarakat perlu mewaspadai berbagai macam penyakit pada musim pancaroba seperti saat ini. Sejumlah masalah kesehatan yang sering muncul pada peralihan musim, antara lain diare dan demam  berdarah.  Pada musim ini, penderita diare yang mendapat perawatan di RSUD Jombang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan jumlah pasien mencapai 20 persen dibanding bulan lalu. 

“Sejak pergantian musim, pasien demam berdarah dan diare terus bertambah,” kata Dr Dian Saputra, dokter jaga RSUD Jombang, Kamis (14/11/2013). 

Menurutnya, setiap  musim pancaroba, tren kedua penyakit ini terus mengalami peningkatan. “Penderita banyak didominasi anak-anak dan balita,” imbuhnya. 

Ia menghimbau para orangtua hendaknya lebih memperhatikan kondisi lingkungan saat musim penghujan tiba. Karena serangan penyakit seperti demam berdarah dan diare sangat rentan terhadap anak-anak.

“Kita harus memperhatikan kondisi kesehatan, lingkungan. Karena lingkungan yang kurang sehat bisa mempercepat penyebaran penyakit terutama penyakit menular,” ingat dia. 

Sutiyah, orang tua pasien diare di RSUD Jombang mengutarakan, anaknya terserang diare sejak tiga hari terakhir. Gejala awalnya adalah berak-berak hingga muntah. Ditambah lagi intensitas diarenya dalam sehari bisa sampai 10 kali. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional